POPULAR STORIES

Begini Cara Membawa Barang Di Motor Agar Aman

Begini Cara Membawa Barang di Motor Agar Aman Seorang pengendara motor yang membawa barang melebihi ukuran motor (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Sepeda motor menjadi kendaraan pilihan masyarakat Indonesia. Selain praktirs, kuda besi ini juga bisa melintasi semua kondisi jalan, sehinga waktu tempuh lebih cepat dibanding menggunakan mobil.

Namun terkadang, pengendara sepeda motor selalu membawa barang berlebih. Karena kapasitas bagasi (untuk motor matik) tidak banyak menampung. Saat membawa barang, pengemudi tidak memperhatikan keselamatan, yang terpenting semuanya bisa diangkut sekali jalan.

Baca juga: Kendaraan Niaga, Simak Tips Pemilihan Ban Yang Tepat

Lalu bagaimana cara membawa barang di motor, agar tetap nyaman, dan tidak membuat celaka?

"Ketika berkendara membawa barang bawaan, pengendara perlu memastikan kondisi motor harus dalam keadaan baik," ujar Antonius Widiantoro selaku Manager Public Relation & YRA PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Selain itu, perlu mengatur barang bawaan dengan di posisi yang tepat, agar tidak mengganggu pengendara dan orang lain.

YRA pun membagi 8 tips berkendara membawa barang:

1. Saat menempatkan barang di atas motor, jika ukuran barang cukup besar, pastikan posisi motor berada di standar tengah. Ini akan membuat motor lebih rata, sehingga lebih mudah untuk mengikat barang ukuran besar.

Membawa barang berlebih (Foto: Istimewa)

2. Siapkan tali pengikat yang lentur, disarankan berbahan karet, sehingga dapat membuat ikatan lebih kencang, dan barang tidak mudah bergeser karena dapat mengganggu keseimbangan.

3. Dimensi barang jangan melebihi lebar dari setang motor, dan tinggi pengendara. Jika terlalu lebar akan sulit untuk bermanuver dan membuat keseimbangan pengendara terganggu.

4. Pastikan panjang barang bawaan tidak melebihi atau menutupi lampu belakang. Agar pengendara lain dapat tetap melihat signal lampu dari motor.

5. Untuk motor matik, jika barang bawaan kecil sebaiknya ditaruh dibawah jok atau di sisi kaki depan pengendara. Posisi barang seperti ini akan lebih mudah dikontrol oleh pengendara.

6. Jika menggunakan tas backpack untuk membawa barang, perhatikan dimensi tas yang aman agar tindak mengganggu fleksibilitas pengendara.

7. Hindari membawa barang yang berat bersama penumpang. Hal ini akan mengurangi keseimbangan berkendara karena kelebihan beban (overload).

8. Jika barang bawaan cukup banyak, lebih baik diangkut dalam beberapa kali, atau gunakan alternatif kendaraan lain yang lebih besar.

Baca Juga: 10 Tips Berkendara Motor Bagi Para Cewek, Nih!

Selain itu, pengendara juga wajib mematuhi peraturan lalu lintas. Selalu gunakan perlengkapan berkendara, seperti helm, jaket, sarung tangan dan sepatu.