Begini Cara Merawat Interior Mobil

Begini Cara Merawat Interior Mobil Foto: Audi R8

KabarOto.com - Jika sudah rajin mencuci mobil, lalu bagaimana dengan interiornya? Kebanyakan orang lupa atau malas untuk merapikan dan membiarkan interior mobil dalam keadaan bersih. Padahal selama berkendara selalu didalam mobil.

Bahkan kalau mobil sering dijemur, tidak hanya eksteriornya yang berpengaruh terhadap kondisi tersebut namun interiornya juga. Terutama untuk mobil yang menggunakan jok kulit, bisa-bisa joknya jadi retak. Selain sudah tidak dalam kondisi bagus lagi, duduk akan terasa tidak nyaman.

jok mobil

Nah, sebelum jok mobil berubah menjadi retak-retak ada baiknya mulai untuk merawat bagian interiornya. Cara mudahnya, ada cairan-cairan khusus untuk beberapa bahan bagian mobil, seperti kulit, plastik, atau vinyl. Jok dengan bahan kulit juga harus dijaga kelembapannya agar tidak retak-retak atau pecah.

"Ada cairan khusus bisa dibeli di Ace Hardware, nanti tinggal disemprot-semprot aja terus di lap. Soalnya kalau mobil sering dijemur joknya bisa kering sampai retak-retak gitu. Cairan ini fungsinya biar joknya lebih lembab, jadi lebih awet," jelas Ananta, Owner Avantgarde.

Apabila memiliki dasbor mobil dengan bahan plastik berwarna hitam juga bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan serta membuat warnanya menjadi lebih gelap, tidak kusam lagi. Nah, kalau cairan untuk bagian interior mobil dengan jenis ini bisa menggunakan cairan untuk bahan vinyl.

audi

Ada juga nih bagian di interior mobil yaitu ada di jok mobil yang pervorated. Kalau masih asing dengan istilah pervorated, bagian ini biasanya ada di jok bagian punggung dan dudukannya yang bolong-bolong. Nah, bagian ini biasanya lebih sulit untuk dibersihkan alias perlu perawatan ekstra.

Kelebihan dari jok mobil yang pervorated ini bisa lebih membuat adem punggung dan dudukannya, tapi debu juga lebih mudah masuk dan betah karena sulit dijangkau, cara membersihkan paling mudah seperti yang dijelaskan Ananta, "Kalau ada detail pervorated, debu-debu kecil lebih sulit dijangkau jadi cara bersihinnya bisa pakai vacuum cleaner."

Untuk membersihkan bagian interior mobil tidak ada aturan khusus, tetapi setidaknya dua minggu sekali dibersihkan. Selain agar interior rapi dan bersih, didalam mobil sirkulasi udaranya juga harus sehat dan nyaman ketika mobil dibawa berkendara.