POPULAR STORIES

Begini Impresi Berkendara Esemka Bima 1.3 Pikap Di IIMS 2023

Begini Impresi Berkendara Esemka Bima 1.3 Pikap di IIMS 2023 Esemka Bima 1.3 di area test drive IIMS 2023 (foto : Deddy/KabarOto)

KabarOto.com – PT Solo Manufaktur Kreasi kini hadir di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, menghadirkan Esemka Bima EV dan Bima 1.3 Pikap.

KabarOto berkesempatan menjajal singkat Esemika Bima 1.3 Pikap varian tertinggi, dengan AC dan power steering.

Baca Juga : Esemka Bima EV Mejeng Di IIMS, Harga Mulai Rp530 Juta

Pertama yang dirasakan, posisi duduk serta setir tanpa arah pengaturan, sehingga kurang ergonomis. Posisi pedal-pedal kurang ergonomis dan terlalu tinggi, sehingga membuat kaki cukup pegal.

Tampilan interior

Namun, untuk kopling cukup ringan, mudah saat melewati kemacetan. Untuk setir sendiri cukup nyaman di gengam, dan ringan untuk diputar karena sudah dibekali power steering, sehingga mudah saat memutar balik dan parkir. Varian tertinggi ini sudah dibekali AC yang dingin, membuat pengemudi dan penumpang nyaman berada di kabin.

Soal performa, Esemka Bima Pikap ini dibekali unit 4 silinder DOHC berkapasitas 1,298 cc, memiliki keluaran tenaga 84 dk dengan torsi 105 Nm. Meskipun memiliki kapasitas yang lebih kecil dari para rivalnya, tetapi mesin ini cukup bertenaga dan torsi yang mumpuni. KabarOto menjajal performa di seputaran JIExpo, kecepatan maksimal hanya 40 kpj saja. Karena lintasan yang disuguhkan tidak memungkinkan lebih dari itu.

Baca Juga : Profil Esemka Bima 1.3 Pikap

Setir sangat ringan sehingga mudah untuk putar balik dan parkir

Jika dirasakan, mesin ini cukup kuat melibatkan tanjakan, karena saat ada jalur sedikit menanjak, mobil ini cukup responsif. Meskipun memiliki mesin yang cukup untuk di ajak bekerja, sayangnya bagian rem mobil ini kurang pakem, pedal rem harus di injak sangat dalam untuk membuat mobil berhenti total.

Soal bantingan, suspensi mobil ini cukup keras saat melibas jalan bergelombang, dan melewati polisi tidur. Namun hal tersebut terbayar dengan handling yang cukup stabil.

Jika Sobat KabarOto berminat, Esemka Bima 1.3 Pikap hadir dengan dua varian yaitu standar tanpa AC dan power steering. Soal harga, Bima 1.3 Pikap mulai dari Rp 137 juta hingga Rp 150 jutaan.