Belum Banyak Yang Tahu, Indonesia Sudah Mengekspor Kendaraan Ke 80 Negara

Belum Banyak yang Tahu, Indonesia Sudah Mengekspor Kendaraan ke 80 Negara Menurut data Gaikindo saat ini hasil produksi industri otomotif Indonesia sudah diekspor ke lebih dari 80 negara.

KabarOto.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan, pencapaian industri otomotif Indonesia saat ini patut dibanggakan. Menurut data Gaikindo saat ini hasil produksi industri otomotif Indonesia sudah melakukan ekspor ke lebih dari 80 negara.

Namun hal ini belum banyak diketahui. "GIIAS 2019 nanti, Gaikindo ingin menunjukkannya, bahwa pencapaian industri otomotif Indonesia terus meningkat dan memberikan kebanggaan bagi negara. Kita sudah mengekspor ke 80 negara,” jelas Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.

Baca Juga: Ekspor Toyota Meningkat, Fortuner Sumbang Kontribusi Terbesar

Ia juga menerangkan bahwa pada tahun 2018 otomotif Indonesia mencatat ekspor mobil utuh (completely built up/CBU) tumbuh 14,44 persen menjadi 264.553 unit dibanding tahun sebelumnya, dan dengan dorongan dari penyelenggaraan GIIAS 2019, Nangoi optimis pada tahun 2019 ekspor otomotif akan kembali mencatatkan peningkatan.

Tahun 2018 otomotif Indonesia mencatat ekspor mobil utuh (completely built up/CBU) tumbuh 14,44 persen menjadi 264.553 unit

“Industri otomotif mendapatkan energi positif dari setiap penyelenggaraan GIIAS, dan tahun ini kami optimis ekspor otomotif Indonesia dapat mencapai 300 ribu unit,” tambahnya. Tidak berhenti pada tahun 2019, masih menurut Nagoi, Gaikindo menargetkan bahwa pada tahun 2025 industri otomotif dapat menjadi penyumbang devisa tertingi negara dengan ekspor yang mencapai 1 juta unit.

Seperti diketahui, Gaikindo pada 18-28 Juli 2019 akan menggelar pameran otomotif terbesar GIIAS 2019 di ICE BSD City Tangerang. Lewat tema Future in Motion, sepanjang pameran GIIAS 2019 akan menampilkan transformasi teknologi dari industri otomotif.

GIIAS 2019 akan menampilkan total 20 merek kendaraan penumpang, yakni Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, JEEP, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, Wuling. Serta 10 merek kendaraan komersial dan karoseri, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, UD Trucks, dari karoseri akan hadir Adi Putro, Laksana, dan Tentrem.

Baca Juga: Ekspor Mobil Toyota Tumbuh Di Awal 2019, Fortuner Jadi Primadona

Sebanyak 11 merek sepeda motor juga akan hadir mulai dari Benelli, Harley Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar. Sementara dari industri pendukung, akan diikuti lebih dari 300 peserta.