POPULAR STORIES

Bentuk Sumbangsih Suzuki Indonesia Untuk Para Pelajar Dan Lingkungan

Bentuk Sumbangsih Suzuki Indonesia untuk Para Pelajar dan Lingkungan Bentuk Sumbangsih Suzuki Indonesia untuk Para Pelajar dan Lingkungan (SIS)

KabarOto.com - Menyadari belum meratanya kualitas dan fasilitas pendidikan, Suzuki Indonesia mengambil peran untuk membantu mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih unggul dalam mengembangkan industri otomotif Indonesia, sehingga mengeluarkan program-program yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengalaman pelajar terkait industri manufaktur.

Langkah tersebut diklaim bertujuan agar SDM dapat mempersiapkan diri dengan baik, sebelum memasuki dunia kerja sekaligus juga membangun generasi yang peduli terhadap lingkungan.

Joshi Prasetya, Dept. Head Strategic Planning Department PT SIS menjelaskan bahwa Suzuki turut terjun langsung ke masyarakat untuk memberikan edukasi yang berkaitan dengan pendidikan dan lingkungan sekitar.

“Salah satu bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat adalah turut berkontribusi ke lingkungan sekitar dan memberikan dukungan berupa barang dan jasa yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Misalnya saja seperti memberikan edukasi kepada generasi muda mengenai fasilitas dan proses manufaktur mobil dengan berkunjung langsung ke pabrik Suzuki yang ada di Cikarang, dan donasi berupa mesin maupun peralatan manufaktur."

Baca Juga: Suzuki XL7 Hybrid Mulai Diekspor Ke 24 Negara

Kegiatan seperti ini tentunya memberikan wawasan baru bagi mereka mengenai dunia kerja khususnya industri otomotif. Bentuk kepedulian lainnya adalah upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan, terutama laut. Dalam hal ini Suzuki terus memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya generasi muda mengenai pentingnya menjaga pantai dan akibat yang diberikan jika pantai mengalami kerusakan. Suzuki juga mengajak peserta yang hadir untuk turut membersihkan sampah yang ada di pantai.

Sebagai tahap awal dari program Suzuki peduli pendidikan untuk mengenalkan dunia otomotif kepada generasi muda, Suzuki membuka kegiatan Plant Visit atau kunjungan pelajar ke industri pabrik Suzuki.

Sejak pertama kali dilakukan, klaimnya tercatat sudah lebih dari 600 sekolah yang berkunjung atau sekitar 55 ribu pelajar yang telah mengikuti program ini dan melihat langsung proses manufaktur hingga budaya dan peraturan yang diterapkan di pabrik Suzuki.

Baca Juga: Ulasan Singkat Suzuki Thunder 250, Bukan Sekadar 'Penyedot BBM'

Selain Plant Visit, salah satu kegiatan yang berada di program Suzuki Peduli Pendidikan yaitu Donasi Unit & Mesin ke sekolah di berbagai daerah di Indonesia. Selama periode tahun 2021 hingga 2022, Suzuki telah memberikan 13 material donasi yang terdiri dari mesin CNC (Computer Numerical Control), Mesin Lathe, dan compressor ke berbagai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia. Material donasi tersebut digunakan oleh siswa untuk observasi serta mengembangkan keterampilannya di bidang otomotif.

Setelah 10 tahun melakukan kampanye kebersihan laut, Suzuki klaimnya sudah mencatatkan 1.300 orang yang berpartisipasi dan berhasil mengumpulkan 30 ton sampah plastik pada kegiatan yang diusung oleh Suzuki Indonesia di berbagai wilayah yang ada di Indonesia.