POPULAR STORIES

Beragam Motor Adventure Ramaikan Pasar Tanah Air

Beragam Motor Adventure Ramaikan Pasar Tanah Air Viar VoreX 250 yang turut hadir meramaikan dunia motor petualang tanah air (Foto:Istimewa)

Kabaroto.com - Sepeda motor dengan tampilan petualang atau adventure semakin ramai hadir di tanah air, seperti baru baru ini keluar yakni Viar VoreX 250. Motor produksi dalam negeri ini turut andil meramaikan pasar motor petualang dengan tampilan khas adventure. Dimana sebelumnya sudah hadir Kawasaki Versys X 250, Honda CRF250 Rally, BMW G310 GS, dan KTM 390 Adventure dan beberapa produsen lainnya.

Dengan tampilan memikat bergaya adventure, di harapkan dapat mengambil hati para penggila touring dan para penjelajah di tanah air, dan diantaranya menawarkan mesin yang relatif sama. Seperti Honda CRF250 Rally dengan mesin DOHC dengan pendingin air bertenaga 24,4 tk, pada putaran 8.500 rpm dengan torsi 22,6 Nm pada putaran 6.750 rpm.
Versys X 250 menggunakan DOHC bertenaga 33 tk pada putaran 11.000 rpm dan torsi puncak 21,7 Nm pada putaran 10.000 rpm. Sedangkan Viar cukup menggunakan mesin SOHC 4-tak berpendingin cairan dengan karburator yang menghasilkan tenaga 25 tk dan torsi 23 Nm.

Dari semua motor bergaya adventure ini memiliki perbandingan lain yang cukup penting yaitu kapasitas tangki. Versys menawarkan tangki sebesar 17 liter. CRF sebesar 10,1 liter. Sayang Viar belum memberikan informasi kapasitas tangki VoreX 250. Ketiga motor ini menggunakan pelek jari-jari dengan ukuran 17 inci sampai 19 inci, soal suspensi, Versys menggunakan suspensi depan telescopic dan VoreX serta CRF menggunakan suspsensi up side down. Ketiganya menggunakan mono shock untuk bagian belakang.

adventure

Dari fitur VorteX dan Versys memiliki kebutuhan perjalanan jauh seperti USB charger untuk pengisian daya perangkat telepon. Model CRF memang tidak bisa dibilang sepenuhnya motor untuk touring jarak jauh namun mampu digunakan pada medan jalan yang lebih sulit.

Dari penampilan, ketiganya hampir mirip. Namun Kawasaki dan Viar sudah menyediakan model yang memiliki aksesori ala motor petualang seperti panniers, hand guard, windshield, crash bar serta lampu tambahan. CRF hanya menyediakan satu model belum tambahan aksesori.

Soal harga, Versys ditawarkan dengan dua model yakni Tourer dengan beragam aksesori Rp 73,1 juta dan City yang dibanderol Rp 62,3 juta. CRF ditawarkan Rp 63,025 juta sedangkan Vortex dibanderol Rp 44,650 juta.

adventure

baca juga: