POPULAR STORIES

Berapa Biaya Pasang Rem Kapiler Monoblock?

Berapa Biaya Pasang Rem Kapiler Monoblock?

Kabaroto.com - Sistem pengereman kendaraan bermotor biasanya terpasang dengan kemiringan 45 derat. Kini, ada sistem pengereman baru yang terpasang secara tegak lurus atau yang biasa dikenal dengan sebutan kaliper monoblock.

Sebenarnya, ini merupakan sistem pengereman dari motor gede (moge). Biasanya moge keluaran tahun 2000 ke atas sudah menganut sistem pengereman kapiler monoblock.

Baut kapiler pada sistem pengereman monoblock yang mengikat shock ada di bagian atas. Keunggulannya arah kuncian baut searah putaran cakram untuk mengurangi vibrasi dan mengoptimalkan proses pengereman.

Namun, kelemahan sistem pengereman monoblock adalah harganya yang kelewat mahal. Untuk memasang paket sestem pengereman kapiler monoblock bisa mencapai Rp 13 juta.

Rinciannya adalah kaliper monoblock Brembo GPRX4 diameter 100 milimeter Rp 11 jutaan, braket Rp 1,5 juta, dan sisanya untuk penggantian baut, minyak rem, biaya pemasangan.

Anda juga harus menggunakan minyak rem DOT4 pada kapiler monoblock agar daya cengkram rem semakin kuat. Sistem pengereman pabrikan saat ini masih menggunakan minyak rem DOT3.

Berita Terkait

Berita Terkait