POPULAR STORIES

Berapa Sebenarnya Usia Pakai Ban?

Berapa Sebenarnya Usia Pakai Ban?

Kabaroto.com - Menjelang mudik lebaran, permasalahan ban pada kendaraan menjadi hal yang signifikan. Lantas, berapa sebenarnya usia pakai ban?

Ya, mendekati mudik lebaran, produsen ban Radial mengungkapkan bahwa usia maksimal pemakaian ban adalah lima tahun. Benarkah seperti itu?

Sebenarnya, umur pemakaian ban bisa lebih dari lima tahun. Namun, garansi ban yang diberikan oleh produsen adalah lima tahun, terhitung sejak pembelian bukan sejak diproduksi. Hal itu juga diakui oleh YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia).

Lantas, apa kegunaan dari kode produksi ban? Kode produksi kegunaannya untuk ke arah keperluan pabrik. Contohnya, jika ban mengalami kendala, pihak pabrik akan lebih mudah untuk melakukan penelusuran.

Agar ban awet saat disimpan dalam waktu yang lama, sebaiknya ban tidak disimpan pada lokasi yang terpapar sinar matahari langsung maupun kehujanan, dan jauhkan dari cairan kimia yang berpotensi merusak lapisan ban.

Nah, bagi Anda yang berminat mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jangan lupa untuk mengecek kondisi ban Anda ke toko ban yang terpercaya, dan isi angin ban Anda sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Berita Terkait

Berita Terkait