POPULAR STORIES

Berlangsung Dua Pekan, Ini Sasaran Operasi Patuh Candi 2023

Berlangsung Dua Pekan, Ini Sasaran Operasi Patuh Candi 2023 NTMC Polri

KabarOto.com - Ditlantas Polda Jawa Tengah (Jateng) akan melaksanakan Operasi Patuh Candi 2023 selama dua pekan. Berlangsung mulai 10 hingga 23 Juli mendatang, operasi ini akan melakukan penindakan melalui tilang elektronik atau ETLE.

Akan tetap memberikan efek jera bagi pelanggar, Kombes Agus Suryo Nugroho selaku Kepala Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng menegaskan, tidak akan ada razia atau penilangan di jalan.

”Tidak ada tilang stasioner atau tilang razia,” kata Kombes Agus.

Baca Juga : Selama Operasi Keselematan 2023, Polisi Tidak Ingin Lakukan Tindakan Represif

Selain itu, Kombes Agus menjelaskan bila pihaknya akan melakukan penegakan hukum melalui tilang elektronik selama Operasi Patuh Candi berlangsung.

Sasaran utama operasi ini adalah para pelanggar aturan lalu lintas yang berdampak pada kecelakaan berat, seperti tidak menggunakan helm, menerobos lampu merah, memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, melawan arus, dan pelanggaran lainnya.

NTMC Polri

”Kami lebih mengutamakan tilang elektronik, dikombinasikan dengan pendekatan edukasi dan preventif,” tambahnya.

Meskipun operasi ini merupakan agenda rutin tahunan, Ditlantas Polda Jateng akan lebih berhati-hati dalam menjalankannya tahun ini. Hal tersebut dikarenakan pemilu yang akan berlangsung dan suasana politik menjadi lebih kental.

Baca Juga : Intip Spesifikasi Hyundai Ioniq Electric untuk Patroli Polisi

”Karena itu, operasi ini lebih mengedepankan pendekatan preventif dan edukatif,” jelasnya.

Dalam persiapan pra-operasi, Ditlantas Polda Jateng telah melakukan gelar pasukan. Operasi Patuh Candi melibatkan puluhan ribu personel dari tingkat Polda hingga Polres di seluruh Jateng.

”Sebelum operasi dilaksanakan, kami telah melakukan sosialisasi kepada para ojek online, komunitas otomotif, dan pihak-pihak terkait lainnya,” terangnya.