POPULAR STORIES

Binaan Ke-133, Daya Adicipta Motor Resmi Gandeng SMKN 4 Tasikmalaya

Binaan ke-133, Daya Adicipta Motor Resmi Gandeng SMKN 4 Tasikmalaya AHM berikan sepeda motor untuk praktek siswa (Foto: DAM)

KabarOto.com - PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku Main Dealer Sepeda Motor dan Suku Cadang Honda di Jawa Barat, menjalin kerjasama dengan SMK Negeri 4 Tasikmalaya, Kurikulum Teknik & Bisnis Sepeda Motor (KTBSM) Astra Honda.

Peresmian ini dilaksanakan di SMKN 4 Tasikmalaya pada 2 Maret 2023, dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya, Kepala Sekolah SMKN 4 Tasikmalaya, serta perwakilan jajaran manajemen PT Astra Honda Motor (AHM) dan DAM.

Bergabungnya SMKN 4 Tasikmalaya, menambah jumlah SMK yang bekerjasama dengan PT DAM, kini menjadi 133 SMK Binaan Astra Honda.

General Manager Technical Service DAM, Denny Budiman mengatakan, peresmian dan penandatanganan MoU kerjasama KTBSM Astra Honda merupakan bentuk kontribusi, dalam upaya mendukung program pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan dengan sistem link and match.

Baca Juga: Metode Baru Didik Calon Pembalap Astra Honda Racing School, Ini 8 Nama Pembalap Baru

“DAM bersama AHM terus berupaya menghadirkan sinergi positif bagi negeri, dengan terus berkontribusi secara nyata melalui beragam aktivitas,” ujar Denny.

Berbagai program dilakukan, yaitu pengembangan Laboratorium SMK KTBSM Astra Honda, 1 Set Special Tools Honda, Buku Pedoman Reparasi dan Parts Catalog Honda, Modul Ajar Semester 1- 6. Serta satu unit sepeda motor matik pemberian PT AHM sebagai sarana praktik kegiatan sekolah.

Kerjasama ini bukan hanya kurikulum teknik sepeda motor Honda, namun juga berbagai kegiatan dilakukan untuk meningkatkan keahlian siswa dan guru.

Seperti uji kompetensi guru dan seminar teknologi, selain itu SMK yang sudah bersertifikat TUK dapat melakukan uji kompetensi secara mandiri.

Baca Juga: Raih Penghargaan, Astra Honda Motor Tutup IIMS 2023 Dengan Penjualan 1.054 Unit

Secara reguler, untuk meningkatkan dan mengasah skill siswa SMK, DAM mengadakan kompetisi mechanic skill for student tingkat Jawa Barat, yang akan mewakili Jawa Barat di ajang Mechanic Skill Contest for Student yang diselenggarakan oleh AHM setiap tahunnya.

Untuk mengakomodasi lulusan terbaik SMK KTSM Honda, DAM juga menyediakan dan membuka kesempatan untuk bekerja di seluruh jaringan bengkel resmi Honda atau AHASS di Jawa Barat.

Hingga saat ini DAM dan jaringan AHASS di Jawa Barat telah menerima lebih dari 700 lulusan SMK bekerja di AHASS setelah melalui proses rekrutmen.