POPULAR STORIES

Bingung Pilih Motor Sport, Bebek Atau Matic? Baca Tulisan Ini

Bingung Pilih Motor Sport, Bebek atau Matic? Baca Tulisan Ini Ilustrasi uang yang akan dipergunakan untuk beli motor (Foto: Istimewa)

Bagi Bro and Sist yang ingin membeli motor tapi sedang gelisah apakah roda dua yang akan di pilihnya itu jenis sport bebek atau matic, Anda dapat membaca tulisan kabaroto.com ini.

Tentunya Anda sudah bisa menduga perbedaan yang jelas yang terdapat di figur motor sport, bebek atau matic. Pertama pada bodinya. Kedua, posisi tangki. Ketiga, transmisinya. Keempat, pengereman. Kelima, biaya perawatan. Enam, perbedaan pada konsumsi BBM. Dan, perbedaan selanjutnya terjadi pada harga motor tersebut. Nih penjelasan perbedaan tersebut, ingat baik-baik ya.

Pertama, bodi. Perbedaan yang mendasar pada motor di atas adalah pada bodi dan transmisinya. Pastinya Bro and Sist sudah mengetahuinya, motor matic memiliki desain bodi yang lebih kecil (pendek) dan ringan dari jenis motor bebek dan sport, yang menyematkan bodinya yang lebih besar dan berat. Bodi yang ringan tersebut tentunya membuat kaum hawa lebih condong pilih matic. Berbeda dengan kaum maskulin, yang menginginkan bentuk motor yang kekar.

Kedua, letak tangki bahan bakar. Posisi tangki bensin pada motor sport berbeda dengan kedua jenis motor lainnya, bebek dan matic. Jika pada motor bebek dan matic penempatan ruangan bahan bakarnya berada di bawah jok pengendara. Yang berbeda dengan motor sport, tangki bahan bakarnya dapat terlihat dan menonjol di bagian depan jok penunggang.

Tiga, transmisi. Bila motor bebek dan sport Anda masih menggunakan transmisi manual untuk memindah-mindahkan 'gigi' atau gear. Sedangkan pada motor matic semua transmisinya diproses secara otomatis. Bro and Sist cukup menarik tuas gas dan tuas rem untuk menjalankan motor matic tersebut. Motor matic cenderung memudahkan Bro and Sist dalam berkendara. Sistem penggerak roda yang berjalan secara otomatis atau biasa disebut dengan Continuously Variable Transmission (CVT) akan menyebabkan perpindahan gear tanpa perlu dipicu secara manual. Sangat berbeda dengan motor sport yang umumnya dilengkapi dengan tuas kopling di samping menggunakan transmisi manual. Kopling ini nantinya akan memberikan kebebasan pada Anda untuk mengatur perpindahan gear secara lebih halus daripada hanya mengandalkan sistem perpindahan gear yang terdapat pada motor bebek.

Empat, pengereman. Hal lain yang menjadi pembeda antara motor matic dengan kedua jenis motor lainnya adalah keberadaan rem mesin. Hal ini akan terasa apabila motor Bro and Sist berada di jalanan yang menurun. Motor matic akan terasa seperti meluncur karena rem yang digunakan hanya berupa rem manual yang melekat pada ban. Sementara itu Bro and Sist akan merasakan rem yang lebih ringan dan efektif pada motor bebek dan sport, karena adanya rem mesin.

Lima, biaya perawatan. Nah ini yang paling penting buat Bro and Sist. Motor sport masih relatif menempati peringkat pertama untuk biaya sparepart termahal disusul oleh motor matic yang memiliki komposisi mesin yang lebih tertutup bila dibandingkan dengan motor bebek. Jika terjadi kerusakan, motor matic akan lebih sulit untuk dideteksi dan tentunya biaya perawatan dan perbaikannya akan lebih mahal daripada motor bebek. Selain itu, Durabilitas (ketahanan) motor matic pasca perbaikan cenderung lebih pendek daripada motor bebek, sehingga efek samping dari perbaikan motor akan cepat terasa pada motor matic dibanding motor bebek.

Enam, konsumsi BBM. Pasalnya, motor bebek masih memiliki konsumsi bahan bakar lebih efisien dibandingkan dengan sport dan matic.

Dan, perbedaan selanjutnya adalah harga. Tentunya antara motor matic, bebek dan sport mempunyai harga yang berbeda-beda. Nah, Bro and Sist sudah menemukan pilihannya?

Motor bebek biasanya dipergunakan buat Bro and Sist yang suka dengan fitur dan kehematan bahan bakarnya. Motor ini bisa juga digunakan sebagai kegiatan dasar sehari-hari kegiatan Anda. Sedangkan Sport akan lebih pas buat Bro and Sist yang utamakan tarikan mesin optimal dan desain bodi yang lebih besar. Sementara matic akan lebih meaching digunakan pada Bro and Sist yang lebih mengandalkan kenyamanan dan fleksibilitas dalam berkendara.

Baca Juga: