BMW Bakal Ungkap Mobil Konsep Self Driving Pada Perayaan Ulang Tahun Ke 100

Alif Sowandono
Alif Sowandono 04 Jan 2016 - 05:17
BMW Bakal Ungkap Mobil Konsep Self Driving Pada Perayaan Ulang Tahun Ke 100
Ilustrasi mobil BMW yang sarat teknologi (foto: Worldcarfans.com)

Produsen otomotif asal Jerman, BMW mengisyaraktan bakal mengungkap konsep mobil  teknologi self driving (otonom) sebagai bagian dari perayaan ulang tahun perusahaan ke 100. Menurut Ian Robertson selaku head of sales and marketing BMW mengatakan mobil konsep otonom sedang dipersiapkan untuk tahun ini.

"Ini akan menjadi bagian dari Perayaan HUT ke-100 dan akan memberikan sekilas menuju masa depan. Kini telah berlalu dari fase menggunakan kaki dan tangan ke fase teknologi self driving (otonom). Mobil bisa berjalan dan berbelok tanpa dikemudikan" ujar Robertson selama briefing di London seperti dikutip dari laman Worldcarfans.

Ia juga menambahkan, meskipun teknologi ototom telah siap dalam waktu sekitar 10 tahun dari sekarang, faktor-faktor lain bisa menyebabkan penundaan lima tahun. Salah satu faktornya adalah dilema moral.

Dia membayangkan suatu situasi di mana sebuah truk bisa bertabrakan dengan mobil. Dalam kasus ini, mobil otonom dapat memutuskan berbelok keluar dari jalan dan mungkin menabrak hal lain seperti mobil atau seorang pejalan kaki dan ini bisa membunuh seseorang. Ada juga kemungkinan komputer memutuskan untuk tidak mengambil tindakan apapun agar menghindari dampak. Masalah tersebut harus disortir keluar sebelum teknologi mobil otonom siap untuk produksi.

Mengenai rincian  teknologi mobil self driving (otonom) yang sedang dipersiapkan, BMW masih enggan mengkofirmasinya.

Baca juga: