POPULAR STORIES

Bolehkah Menggunakan Cairan Sampo Untuk Air Pembersih Wiper?

Bolehkah Menggunakan Cairan Sampo untuk Air Pembersih Wiper? Wiper mobil (Foto: Auto2000)

KabarOto.com - Memasuki musim hujan, kondisi wiper mobil perlu sering diperiksa. Selain itu, pemilik mobil juga harus menjaga kualitas air pembersih kaca depan ini.

Catatan penting! tabung penampung air wiper jangan sampai kosong. Kondisi tersebut bisa mengganggu pemilik ketika mengemudikan kendaraan, terutama saat kaca depan terkena kotoran sehingga mengganggu visibilitas. Oleh sebab itu, sempatkanlah mengecek tabung penampung air wiper setidaknya seminggu sekali.

“Air wiper memiliki fungsi penting untuk menjaga kebersihan kaca depan mobil supaya daya pandang pengemudi tidak terganggu. Pilihlah air wiper yang memiliki berbagai formula spesifik untuk menjaga kondisi kaca mobil,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

Baca Juga : Tips Menjaga Performa Mobil Bermesin Diesel Standar Euro4

Pertanyaannya, apakah boleh air wiper menggunakan cairan sampo? Karena ada banyak pemilik mobil yang mencampurkan cairan sampo untuk rambut ke dalam air wiper, yang dianggap untuk mempermudah proses membersihkan kaca depan mobil.

Tempat cairan wiper

Sebaiknya jangan dilakukan, karena dikhawatirkan shampo memiliki bahan deterjen atau pembersih yang tidak sesuai untuk dipakai pada kaca mobil.

Efek negatif yang terjadi di antaranya adalah baret di kaca mobil lantaran terkikisnya lapisan kaca mobil oleh bahan shampo yang disapu oleh wiper. Dan munculnya efek pelangi atau bayangan di kaca mobil akibat tertinggalnya cairan shampo yang akan mengganggu visibilitas pengemudi.

Baca Juga : Tak Hanya Ada Di Mobil, Ini Tips Hindari Blind Spot Di Sepeda Motor

Bagian kaca mobil yang tidak terkena sapuan wiper bakal timbul bercak bekas sampo sebagai awal terbentuknya water spot atau jamur kaca.

Air Pembersih Kaca Memakai TMO Wiper Fluid

Tidak perlu repot, cukup tuangkan 1 botol wiper fluid ini tanpa perlu dicampur dengan air. Tercatat dalam spesifikasinya TMO Wiper Fluid mengandung formula Dirt Breaker yang dikembangkan dengan beberapa keuntungan, yaitu maximum driving visibility untuk kejernihan kaca depan mobil yang maksimal, incredible cleansing power dengan kemampuan formula pembersih ekstrem sekali sapuan, dan anti scratch atau anti-gores untuk tetap menjaga kaca mobil tetap bening.