POPULAR STORIES

Bos Toyota Jawab Kritik Presiden AS Soal Rencana Buka Pabrik Di Meksiko

Bos Toyota Jawab Kritik Presiden AS Soal Rencana Buka Pabrik Di Meksiko Toyoda minta Trump anggap Toyota sebagai pabrikan Amerika Serikat. (Foto: Euronews)

Bos Toyota, Akio Toyoda, membela perusahaannya untuk merespons kritik Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Toyoda mengatakan pembuat mobil di negeri Paman Sam harus masuk ke dalam kategori pabrikan AS, meski merk mobil berasal dari Jepang.

Seperti diberitakan Euronews, Trump mengkritik rendahnya jumlah mobil asal Amerika Serikat yang dijual di Jepang, juga menuntut penjualan mobil di AS harus buatan lokal dan mengancam Toyota dengan bea masuk tinggi jika nekat membangun pabrik baru di Meksiko.

Toyoda mengatakan kepada awak media: "Toyota hari ini telah meningkatkan produksi di Amerika Serikat, dan membangun jaringan penjualan lokalnya. Mobil kami diproduksi oleh pekerja Amerika di pabrik Amerika dan untuk pelanggan Amerika. Saya berharap Toyota akan dianggap sebagai mobil Amerika Serikat."

"Kita mungkin saja merk Jepang, namun kami juga salah satu pembuat mobil Amerika," tambanya lagi.

Seperti diketahui, dalam satu bulan terakhir Trump memang gencar melancarkan ancaman bakal menghentikan Kemitraan Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) dengan Kanada dan Meksiko, karena dianggap sangat merugikan Amerika Serikat.

Hal tersebut nyatanya berimbas pada Toyota, yang menurut laporan bakal mendirikan pabrik baru Meksiko dan akan memulai produksi di sana pada 2019.