POPULAR STORIES

BPJT Prediksi Pergerakan Mobil Pribadi Saat Libur Nataru 4,94 Juta Kendaraan

BPJT Prediksi Pergerakan Mobil Pribadi Saat Libur Nataru 4,94 Juta Kendaraan Polri akan mengamankan lalu lintas di berbagai jalur tempat masyarakat berlibur menyambut Nataru (Foto Ilustrasi: NTMC Polri)

KabarOto.com - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan memprediksi pergerakan pada masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Jabodetabek akan didominasi oleh mobil pribadi 33,36 persen atau 4,94 juta kendaraan.

Baca Juga : Tiga Kerawanan Lalu Lintas Ini Harus Diwaspadai Saat Libur Nataru

Rute terbanyak yang dipilih oleh pengguna mobil pribadi Jabodetabek, yakni Tol Trans Jawa dan Tol Jagorawi. Sedangkan, pengguna sepeda motor Jabodetabek memilih rute jalur Bogor-Puncak-Cianjur sebagai rute favorit.

Sementara, BPJT juga memproyeksikan pergerakan masyarakat Jabodetabek pada masa libur Natal 2023 dan Natal Tahun Baru 2024 mencapai 14,81 juta orang. Jumlah tersebut sebanyak 43,92 persen dari total jumlah penduduk Jabodetabek.

"Pergerakan Jabodetabek jumlah penduduk yang akan bergerak sekitar 14,81 juta orang," kata Direktur Angkutan BPTJ Tatan Rustandi.

Lebih lanjut, BPTJ juga mengungkapkan beberapa poin terkait kebijakan dan strategi pada masa angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di wilayah Jabodetabek, yakni kapasitas angkut kendaraan umum sesuai spesifikasi teknis kendaraan, pembatasan operasional angkutan barang.

Baca Juga : 376 Ribu Kendaraan Padati Jabodetabek Usai Libur Nataru

Selanjutnya, tidak ada persyaratan dokumen perjalanan, tidak ada pembatasan bepergian untuk aparatur sipil negara (ASN) dan keluarga serta penerapan manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) di jalan tol: contra flow dan penutupan/pembatasan rest area.