Bro And Sist, Ayo Ikuti Kompetisi Balap Sepeda Internasional Di JIExpo

Bro and Sist, Ayo Ikuti Kompetisi Balap Sepeda Internasional di JIExpo Keunikan dari kompetisi balap sepeda JIExpo Criterium adalah adanya The Cycling Night Race, yaitu seri balap sepeda yang dilaksanakan pada malam hari (Foto: Screenshoot JIExpo)

Bro and Sist jika Anda mempunyai hobi balap sepada, ayo ikuti kompetisinya yang akan diselenggarakan di PT Jakarta Internasional Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat, 29-30 Oktober 2016 nanti. Seperti apakah pelaksanaan balap sepeda ini?

PT Jakarta Internasional Expo (JIExpo) kembali menggelar event balap sepeda bertaraf internasional JIExpo Criterium 2016 yang rencananya akan dilaksanakan pada 29-30 Oktober mendatang bertempat di lintasan balap Arena JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat.

Ini adalah event kompetisi balap sepeda yang diselenggarakan dalam suasana festival dan diisi berbagai acara hiburan, bazaar, dan pameran. Event ini merupakan yang kedua kalinya, setelah sebelumnya PT Jakarta International Expo sukses menyelenggarakan JIExpo Criterium 2014 yang diikuti para pembalap dari berbagai negara, serta melibatkan para pembalap nasional dan bibit-bibit muda dari dalam negeri.

JIExpo Criterium merupakan ajang balap sepeda yang melibatkan para pembalap sepeda profesional dan amatir yang berasal dari dalam dan luar negeri. Pada penyelenggaraan tahun ini di jadwalkan sejumlah pembalap top dari berbagai negara akan turut berpartisipasi dalam perlombaan yang terbagi dalam beberapa kategori tersebut.

Keunikan dari kompetisi balap sepeda JIExpo Criterium adalah adanya The Cycling Night Race, yaitu seri balap sepeda yang dilaksanakan pada malam hari dalam suasana festival yang meriah. Ini berbeda dengan kebanyakan event balap sepeda di Indonesia yang umumnya hampir semua nomor seri balapan dilaksanakan pada siang hari.

Saat ini pihak panitia penyelenggara JIExpo Criterium 2016 terus melakukan persiapan seperti persiapan track balap di sepanjang parkir barat dan parkir timur arena JIExpo Kemayoran, serta persiapan mengundang dan membuka pendaftaran peserta kompetisi.

Pendaftaran peserta kompetisi ini bisa dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran online melalui situs www.jiexpocriterium.com atau mendaftar langsung di sekretariat panitia yang bertempat di kantor Marketing PT Jakarta International Expo, Kemayoran Jakarta Pusat.

Pendaftaran secara offline juga dapat dilakukan di toko-toko League yang terdapat di berbagai mall di berbagai kota di Indonesia. Pendaftaran dibuka mulai 5 September hingga 22 Oktober 2016. Informasi lebih detil mengenai event ini dapat diakses di www.jiexpocriterium.com, Facebook: JIExpo Criterium, Twitter: @JIExpoCrit dan Call Center JIExpo (021-26645308/021-26645222).

Selain akan diisi oleh kompetisi balap sepeda yang terbagi dalam berbagai kategori, JIExpo Criterium 2016 juga akan diisi berbagai kegiatan hiburan dan festival bertema gaya hidup bersepeda. Event ini akan melibatkan berbagai teenant premium, coaching clinic, museum sepeda, kopi darat berbagai komunitas sepeda, atraksi sepeda, dan aneka program hiburan dan panggung musik terbuka.

Ketua Penyelenggara JIExpo Criterium 2016, Prajna Murdaya, menyatakan melalui event ini diharapkan akan menumbuhkan gaya hidup sehat bersepeda yang ramah lingkungan, serta kiranya dapat melahirkan bibit-bibit baru dari cabang olahraga balap sepeda di tanah air.

“Kita berharap dengan adanya JIExpo Criterium ini akan muncul nama-nama baru yang akan menjadi bibit muda untuk berkontibusi bagi balap sepeda nasional di masa mendatang,” katanya.

Prajna Murdaya menjelaskan, JIExpo Criterium memang terbilang unik, selain melibatkan pembalap professional dari dalam dan luar negeri, event ini juga menggabungkan antara balapan dan festival dalam satu arena. “Ini merupakan pesta untuk para penggemar sepeda,” katanya.

Pada penyelenggaraan tahun ini JIExpo Criterium akan mempertandingkan 18 kategori yang terbagi ke dalam beberapa kelas mulai dari jenis sepeda, kelompok umur hingga amatir dan profesional.

Ajang JIExpo Criterium ini didukung beberapa pihak diantaranya Union Cycliste International (UCI) yang merupakan induk organisasi internasional olahraga balap sepeda dan juga Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) yang merupakan federasi cabang olahraga balap sepeda di tanah air.

Menurut Prajna Murdaya semakin banyak kompetisi balap sepeda maka akan memberikan sisi positif bagi perkembangan olahraga balap sepeda di tanah air, pasalnya dari ajang tersebut dapat memberikan pengalaman bertanding bagi para pembalap dan calon pembalap kita untuk terjun langsung di arena dan bertanding dengan para pembalap yang bertaraf internasional.

Dengan akan diselenggarakannya JIExpo Criterium 2016 ini merupakan kabar yang sangat baik bagi para penggemar olahraga bersepeda di Indonesia khususnya di Jakarta. Ajang JIExpo Criterium 2016 ini diharapkan akan membangkitkan kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya sepeda sebagai suatu media transportasi dan olahraga.

Baca Juga: