Bugatti Chiron Pur Sport, Murni Menantang Adrenalin

Bugatti Chiron Pur Sport, Murni Menantang Adrenalin Penulis: Filda Cholifah/KC

KabarOto.com - Bugatti Chiron yang dibuat terbatas 500 unit dan dikabarkan hanya tersisa 100 unit. Agar segera habis, manufaktur hypercar yang berbasis di Molsheim, Prancis, melansir varian baru Bugatti Chiron Pur Sport.

Berbanding Chiron Sport, Chiron Sport 110 ANS, dan Chiron Super Sport 300+, untuk Chiron Pur Sport ini diklaim lebih murni hadirkan pengendaraan dan juga murni menantang adrenalin.



Wajarlah bila para ahli mesin di Molsheim mengatakan Chiron Pur Sport menjadi Chiron paling andal dan tak diragukan lagi pengendaliannya. Hal ini berkat penyempurnaan teknologi pada sasis, transmisi dan mesin.

Tak ada yang meragukan ketangguhan mesin W16 yang diusung Chiron. Tapi untuk Chiron Pur Sport disempurnakan akselerasi, melalui putaran mesin dari sebelumnya hanya 6.700 rpm menjadi 6.900 rpm dan respon gas lebih singkat.



Transmisi sekitar 80% didesain ulang dan optimalisasi dengan rasio gigi yang pendek sekitar 15% untuk semua 7 percepatannya Sehingga power band sudah siap di tiap kecepatan mobil.

Penyempurnaan tersebut, memungkinkan Chiron Pur Sport melesat 60-120 kpj bisa dua detik lebih cepat dari lightning-fast Chiron. Keceatan penuhnya mencapai 350 kpj.



Dalam hal sasis, penataan suspensinya memungkinkan meladeni akselerasi lateral ketika pengendara melesatkan Chiron Pur Sport. Pegas lebih kaku 65% di bagian depan dan 33% di bagian belakang. Damper dengan setelan lebih lembut, dudukan dan stabiliser karbon di bagian depan dan belakang Chiron Pur Sport membuat reaksi kemudi lebih tajam, presisi, cengkeraman lebih mantap di tikungan meski saat melesat cepat.



Meladeni mesin dan suspensi yang sudah semakin lincah, bagian kaki-kaki juga disempurnakan. Melalui pelek magnesium lebih ringan masing-masing 4 kg dan juga ditambahkan sistem pendinginan melalui aero wing.



Bobot kendaraan juga lebih ringan 16 kg dalam hal distribusi bobot dan mereduksi pantulan liar meski pelek Bugatti sudah ultra ringan. Oh iya, ban Michelin Pilot Sport Cup 2R, diklaim meladeni cengkeraman buas performa Chiron Pur Sport.



Chiron Pur Sport dipastikan totalnya lebih ringan 50 kg. Tentunya bisa lebih beringas mengerahkan tenaga 1.500 dk dan torsinya 1.600 Nm pada 2.000 - 6.000 rpm.