POPULAR STORIES

Bunyi Ini Jadi Tanda Kampas Rem Cakram Motor Harus Diganti

Bunyi Ini Jadi Tanda Kampas Rem Cakram Motor Harus Diganti

Kabaroto.com - Sepeda motor keluaran terbaru biasanya dilengkapi dengan fitur rem cakram. Rem jenis ini lebih pakem dibandingkan dengan rem tromol.

Biasanya, rem cakram terdapat di ban depan. Meski lebih baik dari rem tromol, Anda juga harus berhati-hati dalam menggunakannya. Pasalnya jika Anda menekan tuas rem terlalu dalam dan kondisi jalan basah, motor Anda akan mengalami sip dan terjatuh.

Untuk masalah perawatan, rem cakram sebenarnya tergolong mudah. Anda hanya harus mengganti komponen yang sudah aus. Cara mendeteksinya adalah jika terdengar bunyi 'srek-srek' berarti kampas rem cakram harus diganti.

Bunyi tersebut ada karena gesekan antara logam rem dengan logam piringan cakram. Jadi ketika mendengar bunyi tersebut, Anda sebaiknya langsung mengganti kampas rem cakram motor Anda.

Jika terus dibiarkan, biaya perawatan motor Anda akan semakin membengkak. Itu karena Anda harus mengganti satu set jika piring cakram motor Anda sampai rusak.

Untuk biaya penggantian kampas rem cakram biasanya harga dibanderol berkisar Rp 65 ribu-75 ribu (tergantung tipe motor). Sedangkan untuk piringan cakram berkisar Rp 150 ribu-Rp 170 ribu.

Berita Terkait

Berita Terkait