Buruan Daftar Mudik Gratis di Kemenhub sebelum Kuota Ludes

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 23 Jun 2015 - 01:00
Buruan Daftar Mudik Gratis di Kemenhub sebelum Kuota Ludes
Ilustrasi pendaftaran Mudik Gratis (Foto: Istimewa)

Bagi Bro and Sist yang ingin pulang kampung bawa motor, lebih baik daftar motor Anda di mudik gratis ala Kemenhub, tinggal di klik mudikgratis.dephub.go.id

Pendaftaran mudik gratis sudah berlangsung sejak 1 Juni hingga 30 Juni mendatang via internet. Namun pendaftaran secara langsungnya akan dibuka tanggal 15 Juni sampai dengan 8 Juli 2015 nanti. Pendaftaran langsung ini dapat dilakukan di Gedung Cipta Kantor Pusat Kementerian Perhubungan di jalan Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta.

Pendaftaran secara langsung di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan dibuka setiap hari Senin-Kamis pukul 08.30-15.00 WIB, Jumat pukul 08.30-11.00 WIB dan pukul 13.30-16.00 WIB, serta Sabtu-Minggu pukul 09.00-15.00 WIB.

Namun ada syaratnya, seorang peserta hanya bisa mendaftar untuk satu moda. Dan, para peserta harus tunduk pada ketentuan dan peraturan yang berlaku. Lalu, bagaimana syarat-syaratnya?

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh seorang pemudik yang ingin memberangkatkan motornya. Diantaranya adalah pendaftar harus menyerahkan sepeda motor. Memiliki SIM C dan STNK yang masih berlaku. Wajib membawa STNK, SIM, dan KTP asli (saat verifikasi). Sepeda motor tidak boleh ada modifikasi ataupun ada aksesoris tambahan. Harus ada penyangga alias standar tengah (standar dua). Harus dilengkapi dengan pegangan belakang.

Baca Juga: