Cara Ampuh Membersihkan Kaca Spion Kendaraan

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 11 Oct 2016 - 08:10
Cara Ampuh Membersihkan Kaca Spion Kendaraan
Cara Ampuh Membersihkan Kaca Spion Kendaraan ( foto: Istimewa)

Kaca spion pada kendaraan bro dan sist baik itu motor maupun mobil memiliki peran yang cukup vital. Namun beberapa orang terlalu menganggap enteng tentang keberadaan kaca spion. Padalahal kaca spion pada kendaraan juga wajib dirawat dan dibersihkan secara berkala agar fungsi nya bisa optimal.

Namun di iklim tropis seperti di Indonesia, hujan dan panas silih berganti. Kurangnya perawatan pada kaca spion membuatnya cepat buram dan kurang memberikan fungsi secara maksimal. Selain hal tersebut, debu menempel yang dilap sembarangan saja tanpa ada perhitungan membuat kaca spion tergores. Dampaknya saat digunakan untuk melihat situasi kendaraan di belakang pada malam hari, pancaran lampu terlihat pecah dan tidak jelas.

Untuk itu kaca spion perlu mendapatkan perawatan secara khusus agar berfungsi secara optimal. Yuk simak Cara ampuh membersihkan kaca spion yang baik untuk kendaraan anda.

Jika kaca spion kendaraan anda terkena cipratan lumpur akibat hujan dan lupa membersihkan, sehingga lumpur sudah terlanjur kering. Ada cara ampuh dan baik membersihkan kaca spion pada situasi seperti ini yakni denhan mencipratkan air sabun ke spion, lalu diamkan beberapa saat, kemudian gosok perlahan bagian sampai lumpur terlepas dan bersih.

Masalah lainnya yang bisa muncul adalah kaca spion yang berjamur. Ini memiliki dampak kaca spion tidak dapat membiaskan cahaya secara sempurna dikarenakan permukaan kaca tetutup oleh jamur. Jika jamur sudah mulai menempel, cara membersihkannya adalah dengan menggunakan cairan pembersih kaca yang sudah banyak beredar di pasaran. Pilihlah cairan pembersih yang tidak mengandung banyak unsur kimia karena ditakutkan akan merusak lapisan kaca.

Baca Juga: