POPULAR STORIES

Cara Memilih Kanvas Rem Mobil Dan Merawatnya

Cara Memilih Kanvas Rem Mobil dan Merawatnya Ilustrasi Kanvas Rem. Yang pertama harus dilakukan adalah tingkat kekerasan pada kanvas rem yang akan Anda beli. (Foto: KabarOto/Bimo Hariyadi dan Istimewa)

Rem merupakan bagian yang teramat penting pada mobil. Sebagai pengemudi yang baik, seharusnya tahu tanda-tanda saat kanvas rem telah tipis bahkan habis. Media online kabaroto mempersembahkan cara memilih kanvas rem mobil dan merawatnya. Ini tipsnya.

Tanda tersebut diantaranya rem akan bunyi jika sudah haus atau habis, saat menginjak rem kendaraan akan menarik ke satu sisi tidak lurus, rem bergetar saat menginjak pedal. Jika itu sudah terjadi, maka Anda harus cepat mengganti kanvas rem tersebut.

Berikut ini kabaroto memberi tips cara memilih kanvas rem sesuai dengan kebutuhan ala Bengkel Mobil Panji Auto.

1. Yang pertama harus dilakukan adalah tingkat kekerasan pada kanvas rem yang akan Anda beli. Semakin tinggi tingkat kekerasannya maka semakin tidak baik digunakan karena dengan adanya kampas rem yang keras bisa menimbulkan kepecahan pada saat digunakan. Jadi, pilih kanvas rem tidak terlalu keras, namun tidak terlalu lembek juga.

2. Cara mengendarai mobil Bro and Sist juga menjadi patokan untuk menentukan kanvas rem. Misalnya jika bro and sis gemar mengemudi dengan kecepatan tinggi maka pilih kanvas rem yang bisa menurunkan suhu dan mencengkram dan menurunkan kecepatan. Faktor jalan dan cuaca juga mempengaruhi kampas rem yang akan bro and sis gunakan. Seperti kalau sering menggunakan mobil dijalanan yang curam maka gunakan kampas rem yang bisa memperpanjang ketahanan rotor dan komponen lain dari sistem pengereman kendaraan.

3. Mengenali Bahan Kanvas Rem yang Tepat.
Ada empat tipe kampas rem, yakni Organik, semi-metalik, full metalik, maupun keramik. Sangat disarankan agar memilih kampas rem non asbes karena kekuatan ikatan pertikelnya cukup kuat sehingga kanvas rem yang tergolong keras tidak akan mudah habis dan rusak. Kelalaian kamu dalam memilih kanvas rem untuk kendaraan kamu dapat menyebabkan kerusakan pada rem dan kerugian lainnya bahkan dapat menyebabkan kecelakaan.

4. Kenali Kanvas Rem yang Asli
Kanvas rem bukan saja dilihat dari mereknya karena belum pasti merek menjamin kualitas, sebab sekarang banyak sekali merek palsu yang beredar di pasaran. Jadi, kamu jangan tertipu dengan merk mahal dan harus hati-hati dalam memilih kanvas rem.

Tips Merawat Kanvas Rem

Lakukan servis terhadap rem secara rutin, tujuannya untuk membersihkan kotoran antara kanvas dengan cakram atau tromol. Kotoran muncul akibat gesekan antara kanvas dan cakram tetap tinggal pada kedua komponen tersebut.

Periksa kondisi dudukan kanvas atau sepatu rem, sepatu rem sangat rentan terkena karat dan jika sudah terkena karat maka akan terjadi bunyi rem yang sangat mengganggu. Lakukan pengurasan cairan rem setiap 20.000 kilometer.

Baca Juga: