POPULAR STORIES

Cara Mencuci Yang Salah Bisa Rusak Cat Mobil

Cara Mencuci yang Salah Bisa Rusak Cat Mobil

Kabaroto.com - Para pemilik mobil biasanya rajin mencuci kendaraan mereka agar terus terlihat bersih dan kinclong. Namun Anda harus waspada, cara mencuci yang salah bisa merusak cat mobil.

Sebenarnya, faktor utama untuk menjaga cat mobil terus kinclong adalah pemilihan sabun cuci yang benar. Anda sebaiknya jangan memakai sabun dengan merek asal-asalan. Itu karena sabun tersebut memiliki bahan dasar yang berpotensi membuat cat mobil cepat pudar.

Adapun, mencuci mobil sebaiknya dilakukan maksimal seminggu sekali. Jika mobil kotor, Anda sebaiknya cukup membersihkannya dengan lap. Itu karena air memiliki komponen yang bisa membuat cat mobil cepat pudar.

Cara mencuci mobil yang salah seperti air yang tidak dikeringkan atau bisa yang tidak dibilas dengan bersih juga bisa memicu karat dan membuat cat mobil pudar.

Lantas, bagaimana cara mencuci mobil dengan benar? Ada empat tahap yang harus dilakukan dalam mencuci mobil, yaitu mencuci mobil bagian luar, dalam, mesin, dan ban.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyemprotkan air ke seluruh bodi mobil dengan menggunakan selang selama 15 detik. Hal itu untuk membersihkan sisa-sisa klorin dan bahan kimia yang berpotensi merusak cat.

Kemudian, gunakanlah spon yang bersih untuk mencuci mobil. Mencuci mobil dengan spon diawali dengan bagian atapnya. Anda harus menghindari mencuci mobil saat matahari langsung menyinari mobil. Itu karena tetesan air akan menjadi lensa bagi matahari untuk memfokuskan cahaya pada cat.

Setelah mobil dicuci bersih, gunakan lap khusus untuk mengeringkan mobil. Pastikan tidak ada minyak atau pasir yang melekat pada lap karena hal itu berpotensi untuk merusak cat.

Berita Terkait

Berita Terkait