Cara Mengecek CDI Kendaraan Roda Dua

Cara Mengecek CDI kendaraan Roda Dua CDI kendaraan yang baik, menghasilkan performa sempurna kendaraan. (Foto: Istimewa)

CDI atau Capasitor Discharge Ignition adalah salah satu komponen yang berfungsi untuk mengatur pengapian pada kendaraan bermotor. Sesuai dengan namanya, CDI bekerja dengan cara menyimpan arus listrik dari generator (spull) dan kemudian melepaskanya ke coil setelah mendapat sinyal dari pulser.

Apabila motor anda tiba-tiba macet pada keadaan mesin panas, atau motor terasa "brebet" maka bisa jadi CDI motor anda bermasalah. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan pada CDI tersebut apakah terjadi kerusakan atau tidak.

Pengecekan CDI dapat dilakukan dengan menggunakan multimeter. Lakukanlah pengecekan apakah ada arus listrik pada kabel yang menuju ke coil pada saat motor di starter. Dengan menghubungkan probe merah multimeter ke kabel CDI yang menuju coil dan menghubungkan probe hitam multimeter ke massa.

Namun sebelum itu pastikanlah dulu bahwa seletor multimeter menunjuk ke DC 250 volt. Kemudian lihatlah apakah jarum pada multimeter bergerak atau tidak. Jika jarum multimeter tidak bergerak maka kemungkinan besar CDI motor anda bermasalah atau rusak dengan catatan pulser dan generator bekerja dengan baik.

Nah, untuk pengecekan pulser maupun generator bisa dilakukan dengan cara yang sama yaitu, dengan menghubungkan probe merah ke kabel pulser atau generator dan probe hitam ke massa. Untuk pengecekan pulser
arahkan selektor multimerter ke 1 volt karena output dari pulser ini hanya berkisar 0,7 v.

Semoga bermanfaat, sebaiknya selalu cek kondisi CDI dan kabel kabel yang menghubungkan antara CDI, Spull dan Pulser kendaraan anda secara teratur, agar terhindar dari kerusakan.

baca juga:

Berita Terkait

Berita Terkait