POPULAR STORIES

Cara Mudah Belajar Mengemudi Mobil Manual Bagi Pemula

Cara Mudah Belajar Mengemudi Mobil Manual Bagi Pemula Transmisi mobil manual cukup rumit jika dibayangkan, namun akan lebih mudah jika dipraktekkan secara langsung. (Foto Istimewa)

Kendaraan roda empat saat ini sudah banyak sekali beredar mulai dari matic sampai manual. Dengan mesin dan tenaga yang berbeda. Nah, buat Bro and Sist yang mau belajar mengemudi ada baiknya harus memahami terlebih dahulu sistem transmisinya. Ini tips menyetir mobil manual untuk pemula, seperti apakah cara belajar mengemudi mobil manual untuk pemula?

Transmisi mobil manual cukup rumit jika dibayangkan, namun akan lebih mudah jika dipraktekkan secara langsung. Sinar Putra Mahreza, Kursus Mengemudi yang berada di Cimahi Bandung, Jawa Barat memberikan cara bagi pemula belajar mengemudi mobil Manual Transmision.

1. Cara Pindah Transmisi atau Gigi

Transmisi manual yang berjumlah 5 tahap kecepatan atau 5 transmisi maju dan 1 transmisi mundur. Cara memindahkan perseneling atau gigi mobil memiliki dua arah yaitu vertikal dan horizontal. Arah Horizontal adalah untuk memilih posisi gigi mana yang akan digunakan sebelum berikutnya mengarahkan ke arah vertikal baik ke depan maupun ke belakang.

Biasanya jika mobil masih baru posisi standby tuas gigi ini akan tepat berada di tengah antara angka 3 dan angka 4, sehingga untuk memasukkan gigi 3 dan 4 dari posisi netral hanya cukup menginjak kompling dan sedikit mendorong ke depan jika ingin masuk ke gigi 3 dan menarik kebelakang jika ingin masuk gigi 4. Kemudian perlahan menaikkan kopling agar mobil tidak berkejut.

Untuk memindahkan ke gigi 1 atau 2 maka hanya butuh mendorong sedikit tuas secara horizontal ke arah kiri kemudian langsung mendorongnya ke arah vertikal bawah atau atas sesuai gigi atau kecepatan yang anda inginkan. Bagitu juga jika ingin memindahkan ke kecepatan yang ke 5 atau mundur. Dorong secara horizontal ke kanan lalu gerakkan langsung vertikal ke atas atau ke bawah.

2. Cara Menginjak Pedal Kopling, Rem dan Gas
Setelah paham dan mengerti bagaimana cara memindahkan transmisi atau gigi maka langkah berikutnya adalah memahami pedal yang ada dalam sebuah mobil manual. Ada tiga buah pedal yang tersedia di dalam mobil manual. Pedal sebelah kiri adalah kopling, sebelah kanan adalah gas dan diantara gas dan kopling adalah rem.

Bagian ini sebenarnya lebih mudah daripada cara memindahkan perseneling atau gigi, namun memiliki resiko yang cukup besar karena biasanya pemula cenderung gugup sehingga terlalu kuat menginjak pedal-pedal tersebut dan terlalu panik sehingga bingung membedakan rem, gas dan kopilng. Namun hal ini tidak perlu ditakuti, kendalikan rasa takut anda dengan banyak berlatih menginjak pedal pada saat posisi mobil tidak menyala, bayangkan jika mobil tersebut berjalan lalu ilustrasikan gerakan anda saat gas, rem dan kopling untuk pindah gigi.

Cara ini cukup efektif sebagai langkah awal anda sebelum mulai mengemudi, ibarat sebelum berolahraga anda harus meregangkan otot agar tidak kram. Hal ini dilakukan supaya anda tidak mudah panik dan terkejut saat mengemudi di jalanan.

Kembali ke pedal-pedal ini, untuk mengkombinasikan pedal ini supaya dapat dioperasikan dengan baik memang dibutuhkan gerakan yang saling bersinergis. Contohnya saat anda ingin mengganti gigi, secara spontan anda harus mengurangi kecepatan dengan menurunkan gas atau melepaskan gas, menginjak dalam-dalam kopling untuk kemudian memasukkan gigi lalu melepaskannya kembali.

Jika dirasa mobil terlalu cepat maka sebaiknya Anda melakukan pengereman, secara otomatis kaki Anda harus bergeser meninggalkan gas dan menginjak rem, biarkan kaki kiri dan biarkan koplingnya, untuk pemula sebaiknya lupakan hal-hal yang ribet. Cukup injak rem saja jika ingin membuat mobil lebih lambat atau pelan-pelan. Begitulah cara mengendalikan mobil. Yang jelas, mempraktekannya akan lebih mudah ketimbang teorinya. Kini saatnya untuk beralih belajar mengemudi ke tahap berikutnya.

3. Cara Memegang Kemudi yang benar
Memegang kemudi yang benar dengan menggunakan dua tangan yang berada di sisi kanan dan kiri stir atau kemudi mobil. Karena dengan posisi tersebut anda dapat dengan mudah mengontrol gerakan-gerakan yang terjadi secara tiba-tiba apabila mobil anda mengenai lubang, sehingga dengan dua tangan anda dapat menstabilkan dengan mudah. Jika anda pernah melihat pengemudi yang menggunakan cara satu tangan saat menyetir sebaiknya disiplinkan diri anda agar tidak meniru hal tersebut.

Dengan meletakkan kedua tangan Anda di posisi yang tepat disamping kanan dan kiri kemudi maka dengan mudah anda juga dapat menarik tuas untuk lampu sein kanan dan kiri, serta melakukan lampu dim atau menghidupkan lampu mobil Anda.

Demikianlah cara singkat bagaimana mengemudikan mobil manual dengan mudah dan sederhana.

Baca Juga: