Cari Sparepart Eks Singapura, Ikuti Tips Berikut

Cari Sparepart Eks Singapura, Ikuti Tips Berikut Saat ini banyak toko yang menjual sparepart atau mesin mobil eks Singapura. (Foto: KabarOto/Bimo Hariyadi)

Saat mobil Anda mengalami kerusakan pada beberapa suku cadang karena sudah termakan usia, maka kondisi ini mengharuskan Anda untuk menggantinya. Harga baru yang orisinil mungkin dinyatakan mahal, salah satu cara mensiasatinya adalah membeli sparepart yang second namun dengan kondisi yang bagus. Saat ini banyak toko yang menjual sparepart atau mesin mobil eks Singapura. Hampir semua merk dan jenis mobil bisa ditemui di penjual mesin eks Singapura tersebut. Berikut tipsnya

Namun yang harus Bro and Sist perhatikan adalah tidak semua suku cadang bekas tersebut dalam kondisi yang baik dan dapat digunakan kembali. Berikut Maman dari Pandi Motor penjual sparepart eks Singapura memberikan beberapa tips membeli sparepart mobil bekas eks Singapura.

Kompresor Air Conditioner (AC)
Sangat jarang sekali sparepart kompresor AC dapat mengalami kerusakan. Biasanya, kerusakan dapat diketahui setelah kompresor AC dinyalakan. Jika saat dinyalakan terdengar suara berisik atau suara yang tidak normal, maka kemungkinan besar ada kerusakan dalam komponen kompresor tersebut. Bisa saja bearing atau piston di dalamnya. Setelah membeli di toko yang menjual komponen eks Singapura, mintalah garansi agar dapat menukar kompresor yang akan Bro and Sist beli jika ternyata bermasalah.

Motor Wiper
Sparepart ini cukup banyak dicari oleh pemilik mobil keluaran tahun 2000 ke bawah. Biasanya, mobil yang sudah cukup tua akan mengalami penurunan kinerja pada motor wiper atau putarannya sudah lemah karena termakan usia. Harga motor wiper ini berkisar antara 200 ribu sampai 300 ribu dengan kondisi second ex Singapura. Namun untuk mengecek kondisinya, Anda dapat mencobanya atau melakukan tes kerja motor wiper tersebut saat akan membelinya secara langsung.

Elektrik Fan (Kipas Elektronik Radiator)
Kipas elektronik atau elektrik fan yang fungsinya untuk menjaga dan menurunkan suhu mesin ini cukup banyak dicari oleh pemilik mobil. Biasanya orang yang mencari elektrik fan dikarenakan mobil mengalami benturan keras sehingga merusak elektrik fan mereka, atau pemilik mobil tua yang masih menggunakan kipas radiator konvensional dan ingin menggantinya dengan elektrik fan. Tips untuk membeli elektrik fan eks Singapura atau bekas lokal sangat mudah, cukup pastikan kondisi setiap bagian normal dan tidak ada yang patah atau rusak. Pastikan pula barang yang anda beli adalah barang original untuk menjaga keawetannya. Harga elektrik fan sendiri bervariasi, tergantung dengan jenis dan tipe mobil yang digunakan.

Selain komponen yang disebut diatas, ada banyak sparepart eks Singapura lainnya yang dicari banyak orang. Bengkel yang mengerti customernya pasti akan menyarankan kita untuk membawa contoh barang yang sudah rusak tersebut dan anda ingin mencari gantinya. Dengan membawa contoh toko yang Anda datangi akan dapat mencari produk yang sama atau dapat digunakan untuk menggantikan sparepart tersebut.


Ilustrasi Foto, sparepart eks Singapura (Foto: KabarOto/Bimo Hariyadi)

 

Baca Juga: