POPULAR STORIES

#CariAman, Cara Honda Edukasi Dan Ciptakan Keselamatan Berkendara Di Jalan

#CariAman, Cara Honda Edukasi dan Ciptakan Keselamatan Berkendara di Jalan #CariAman, Cara Honda Edukasi dan Ciptakan Keselamatan Berkendara di Jalan (KO)

KabarOto.com - Kepedulian terhadap keselamatan berkendara di Indonesia menjadi perhatian PT Astra Honda Motor (AHM), dengan mendirikan fasilitas safety riding terbesar di Asia Tenggara, berupa Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC).

Adapun AHMSRTC diklaim memiliki luas 8,5 hektar, berlokasi di Deltamas, Cikarang, jawa Barat. Fasilitas utamanya adalah Kids Traffic Park, Honda Riding Trainer, Area Reaction Test, hingga fasilitas AHM Safety Riding Park (AHMSRP) pelatihan di jalur aspal dan jalur offroad.

Johanes Lucky, Manager Safety Riding AHM menyatakan bahwa, "AHM-SRP yang diresmikan tahun 2020 sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat terkait pemahaman keselamatan di jalan raya dan keterampilan berkendara."

Selain itu untuk pertama kalinya di Indonesia adanya Kids Traffic Park yang memberikan edukasi usia dini. Anak-anak diajarkan mengenal rambu-rambu lalu lintas, cara menyeberang jalan yang aman menggunakan jalur penyeberangan, dan cara berinteraksi kepada pengguna jalan lain melalui berbagai alat peraga yang tersedia.

Pada Tahun 2020, Sebanyak 10.631 pengguna sepeda motor di Tanah Air diklaim telah mengikuti pelatihan keselamatan berkendara, yang dilakukan Astra Honda Motor (AHM) dan jaringan Honda.

Baca Juga: Vokasi Satu Hati Astra Honda Motor Lahirkan Guru Dan Siswa Berprestasi

Peserta edukasi safety riding terdiri dari berbagai elemen masyarakat yakni 7.107 peserta pelajar, 1.276 anggota komunitas, 1.488 para pekerja dan juga 760 dari kelompok pengguna sepeda motor lain.

Pendidikan safety riding yang dilakukan Astra Honda Motor (AHM) bersama Wahana Honda dan Daya Adicipta Motora (DAM) juga merambah kalangan muda seperti para pelajar.

PT Astra Honda Motor (AHM) memperkuat literasi pengetahuan keselamatan berkendara bagi 4.706 mahasiswa dari 29 universitas, tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Bahkan, pelajar Sekolah Menengah juga jadi sasaran AHM untuk diberikan pemahaman safety riding.

Program ini hadir sebagai bagian dari upaya perusahaan menghadirkan keamanan dan kenyamanan berkendara di jalan raya. Selain mendapat materi edukasi dari AHM dan jaringan Main Dealer seluruh Indonesia, para mahasiswa peserta kegiatan ini, juga memperoleh pendalaman wawasan terkait kesadaran berkendara di jalan raya dengan kelengkapan surat-surat.

Tak hanya itu, PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki cara untuk menguuji kemampuan instruktur safety riding Honda di Indonesia. Dalam kompetisi bertajuk The 14th Astra Honda Safety Riding Instructors Competition (AHSRIC) 2023, ratusan peserta unjuk gigi di ajang tahunan ini.

Baca Juga: Astra Honda Racing Team Sapu Bersih Podium Balap IATC 2023 Mandalika

Kompetisi ini digelar dalam rangka mengkalibrasi kemampuan para instruktur, seperti skill teknik berkendara aman dan juga berbagai aspek yang dibutuhkan oleh masyarakat umum.

Sepanjang tahun 2023, AHM bersama jaringan sepeda motor Honda telah berhasil mengedukasi sebanyak 86.678 orang, melalui berbagai kegiatan seperti bekerjasama dengan institusi pendidikan hingga edukasi bagi para pekerja di berbagai daerah.