Cat Mobil Kesayangan Memudar, Ini Pencegahannya

Cat Mobil Kesayangan Memudar, Ini Pencegahannya Penulis: Shafarania Khansa

KabarOto.com – Pengelupasan cat mobil atau lapisan yang bening dapat disebabkan oleh berbagai faktor lingkungan dan kimia. Sayangnya, sebagian besar kendaraan rentan terhadap cat yang mengelupas terutama kendaraan yang tinggal di iklim tropis.

Beberapa produsen mobil memang berusaha agar cat mobil tetap bertahan dari pengelupasan dengan hadirkan berbagai terobosan proses pengecatan.

Tapi Terlepas dari seberapa baru kendaraan Anda, paling penting untuk mengambil langkah sendiri agar kualitas cat tetap seperti baru.

Beberapa langkah awam yang dilakukan agar cat kendaraan tak memudar atau mengelupas, dipastikan memarkir mobil ditempat yang teduh. Rajin mencuci permukaan mobil dan rutin memoles kendaraan.

Alasan Clear Coat Mengupas
Delaminasi di pelapis cat dapat menjadi masalah akibat paparan sinar UV jangka panjang, apalagi terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Sabun pencuci mobil yang tak cocok dengan cat, juga bisa menyebabkan umur pelapis cat lebih pendek. Hal itu ditandai dengan warna belang, akibat bahan kimia yang tak sesuai dengan cat.

Perhatikan pula memarkir kendaraan di bawah pohon, dapat juga mengikis lapisan cat apabila didiamkan terlalu lama hingga mengeras dan terjemur. Karena kotoran burung memiliki kandungan asam yang tinggi dengan Ph 3-4,5.

Oksidasi Cat Mobil
Oksidasi terjadi ketika suatu zat bereaksi dengan oksigen dan mengakibatkan hilangnya elektron. Proses ini dapat menyebabkan pemudaran cat mobil. Akibat paparan matahari yang konstan tanpa perlindungan, dari mengilap menjadi pudar, retak dan permukaan cat bodi mulai mengelupas.

Sebelum kejadian, cat mobil memang harus rutin dipoles secara menyeluruh, terutama bagian kap mesin dan atap. Sekaligus menghilangkan guratan kecil di permukaan bodi.

Memilih Produk Yang Tepat
Ada banyak pilihan untuk pembersih kimia, tidak semuanya ideal. Bahan kimia yang keras dapat menyebabkan penipisan pada cat mobil. Bahkan formulasi pekat terbaik harus diencerkan untuk mengatur potensinya. Banyak shampoo mobil mengandung formula stabil yang menjaga pH pada tingkat netral untuk memastikan senyawa asam tidak akan dipakai pada cat.

Menemukan wax yang ideal bisa jadi sangat sulit karena banyaknya produk yang ditawarkan. Jika anda khawatir tentang kerusakan akibat sinar matahari, wax dengan penghambat UVA/UVB dapat bermanfaat. Meskipun wax carnauba alami biasanya tidak mengandung perlindungan UV kecuali dinyatakan secara khusus, namun wax carnauba dapat menjadi cara yang cocok untuk melindungi dari sebagian besar permukaan mobil.

Banyak wax memiliki sifat hidrofobik yang memungkinkan percikan air tanpa meninggalkan bercak. Jika Anda tinggal di wilayah dekat pantai, disarankan lebih sering melakukan pelapisan permukaan kendaraan.

Banyak juga yang memilih lapisan keramik berbasis polimer atau kuarsa yang dapat meningkatkan usia cat kendaraan dengan mengatasi berbagai penyebab terkelupas dan rusaknya cat. Lapisan ini sering menggabungkan sifat hidrofobrik, pelindung UV, dan anti karat. Setelah kembali mengilap, akibat menggabungkan kekerasan substansial untuk membentuk lapisan perlindungan yang efektif antara cat dan lingkungan.

Pentingnya Perawatan Kendaraan
Membersihkan kendaraan dengan produk yang tepat sangat penting bagi perawatan mobil kesayangan. Ada teknik untuk membersihkan mobil dengan benar untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.
Perawatan mobil terbaik karena kendaraan Anda adalah aset penting, di car detailing. Meskipun proses waxing bisa memakan waktu, namun itu cara yang bagus untuk melindungi cat kendaraan Anda, sekaligus meningkatkan kemilau.

Namun bila cara sederhana yang Anda harapkan tanpa keluar biaya besar. Dapat menggunakan penutup mobil untuk mengontrol paparan sinar UV ketika memarkirkan kendaraan di luar. Selain itu rajin mencuci agar bintik-bintik awal dapat segera diatasi sebelum masalahnya semakin berkembang. (Penulis: Shafarania Khansa)