POPULAR STORIES

Catat Ini Ruas Tol Yang Mendapat Diskon, Sampai 58%

Catat Ini Ruas Tol yang Mendapat Diskon, Sampai 58% Foto : Kementerian PUPR

KabarOto.com - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) turut memberikan diskon tarif tol pada arus balik Lebaran 2023. Bila sebelumnya hanya ada 6 ruas jalan tol yang mendapat potongan harga, saat ini bertambah menjadi 12 ruas, Pemilik mobil yang akan kembali ke Jakarta harus mencatat.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Triono Junoasmono menyampaikan, diskon tarif tol ini merupakan upaya Pemerintah bersama BUJT, untuk memecah arus kepadatan lalu lintas dan penumpukan di jalan tol saat arus balik Lebaran 2023.

Baca Juga : Hari Ini Diskon 20 Persen Tarif Tol Trans Jawa Arah Jakarta Mulai Berlaku

"Diharapkan diskon tarif tol ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kembali ke Jakarta," kata Triono. Penerapan diskon tarif tol terjauh sebesar 20% diberlakukan untuk 6 ruas tol Trans Jawa. Berlaku mulai 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga 29 April 2023 pukul 06.00 WIB, berikut rinciannya :

1. Jalan tol Batang-Semarang, yang dikelola oleh PT. Jasamarga Semarang Batang (Untuk semua golongan kendaraan)

2. Jalan tol Pemalang-Batang, yang dikelola oleh PT. Pemalang Batang Toll Road (Untuk semua golongan kendaraan)

3. Jalan tol Pejagan-Pemalang, yang dikelola oleh PT. Pejagan Pemalang Toll Road (Untuk semua golongan kendaraan)

4. Jalan tol Kanci-Pejagan, yang dikelola oleh PT. Semesta Marga Raya (Untuk semua golongan kendaraan)

5. Jalan tol Palimanan-Kanci, yang dikelola oleh PT. Jasa Marga (Persero) Tbk (Untuk semua golongan kendaraan)

6. Jalan Tol Cikampek (Cikopo)-Palimanan, yang dikelola oleh PT. Lintas Marga Sedaya. (Hanya kendaraan Golongan I)

Foto : Jasa Marga

Diskon tarif tol untuk semua golongan kendaraan juga diberikan oleh PT Jasa Marga untuk Tol Jakarta-Cikampek pada Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama.

PT Hutama Karya turut memberikan dispensasi harga di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dan ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera di waktu yang sama.

Baca Juga : Jangan Sampai Kurang Saldo E-Toll, Ini Tarif Tol Mulai Dari Tangerang Hingga Surabaya

Selanjutnya, Tol Kayu Agung-Palembang-Betung yang dikelola oleh PT Waskita Toll Road melalui anak perusahaannya PT Waskita Sriwijaya Tol (WST), juga memberikan diskon tarif tol untuk semua golongan kendaraan. PT Marga Mandalasakti (ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak) tak mau ketinggalan karena memberikan diskon untuk jalan tol Tangerang-Merak.

Kemudian diskon tarif tol diberikan oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways untuk ruas tol Cibitung-Cilincing pada 14 hingga 30 April 2023. Adapun besaran potongan tarif tol adalah Golongan I sebesar 15%, Golongan II dan III sebesar 44%, dan Golongan IV dan V sebesar 58%.

"Dengan adanya penerapan diskon tarif tol pada momen arus balik Lebaran 2023 ini, diharapkan dan diimbau kepada masyarakat lebih bijak dalam memilih waktu pulang kembali ke Jakarta agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di jalan tol", tutup Triono