POPULAR STORIES

Cegah Mobil Terbakar Dengan Cara Ini

Cegah Mobil Terbakar dengan Cara Ini Kasus hubungan pendek pada sistem kelistrikan bisa mengakibatkan konsleting dan menghasilkan percikan api yang merambat ke bebrapa bagian kelistrikan.

Kabaroto.com - Minggu lalu sebuah mobil Honda Brio terbakar saat di parkir di garasi rumah sang pemilik di kawasan Bekasi, Jawa Barat. Sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab mobil tersebut terbakar sampai hangus. Bagi kita pemilik mobil tentu cemas akan hal tersebut, khawatir suatu saat bisa menimpa pada mobil kita. Namun yang harus anda ketahui, secara umum apa penyebab pasti mobil bisa terbakar?

Mekanik senior dari AFI Motor Sapto Saputro memberikan informasi secara umum yang bisa membuat sebuah mobil terbakar. Salah satu faktor pemicu adalah sistem kelistrikan yang memang diperuntukan untuk menggerakan semua komponen pada mobil. Kasus hubungan pendek pada sistem kelistrikan ini bisa mengakibatkan konsleting dan menghasilkan percikan api yang merambat ke bebrapa bagian kelistrikan. Nah kondisi ini sangat berbahaya, apalagi jika percikan tersebut menghampiri bahan bakar, bisa membuat mobil terbakar. Berikut cara menghindari konsleting kelistrikan mobil yang bisa membakar mobil:

Pertama adalah jika anda menambah aksesoris mobil sepeti lampu, klakson dan elektrik lainnya diharuskan memasang sikring tambahan. Jalur kabel yang sudah ada di pabrikan jangan langsung disambungkan dengan jalur kabel aksesoris. Karena akan membuat beban arus kabel bertambah yang akan membuat keras dan jika dibiarkan terlalu lama bisa terbakar.