Chip Semikonduktor Langka, Mitsubishi Angkat Bicara

Chip Semikonduktor Langka, Mitsubishi Angkat Bicara

KabarOto.com - Hampir seluruh pabrikan mobil mengalami kesulitan mendapatkan salah satu suku cadang, yaitu chip semikonduktor. Salah satunya yang terdampak atas kelangkaan tersebut adalah PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan ini pun angkat bicara soal kelangkaan tersebut.

Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI menegaskan bahwa aktivitas penjualan Mitsubishi Motors di Indonesia tetap berjalan normal. “Kami ingin mengkonfirmasi berita yang beredar saat ini terkait kelangkaan komponen semikonduktor," terang Nakamura.

Baca Juga: Nissan, Suzuki Dan Mitsubishi Kompak Tutup Pabrik Bulan Depan

Komponen tersebut juga memiliki dampak yang terbatas terhadap pasar Indonesia. Mitsubishi Motors Coorporation (MMC) menurut dia, secara global sudah melakukan beragam upaya, serta persiapan untuk mengamankan produksi dan pasokan unit di Indonesia. "Kami pastikan, aktivitas penjualan MMKSI tetap berjalan seperti biasa,” paparnya.

Microchip semikonduktor ini dirasakan sangat penting bagi MMKSI, untuk mendukung produksi kendaraan-kendaraan yang banyak diminati, dan permintaannya sedang tinggi.

Dua model yang paling banyak diminati saat ini adalah Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross. Keduanya mengalami peningkatan penjualan hingga dua kali lipat, saat Pemerintah menerapkan relaksasi PPnBM untuk mobil di bawah 1500 cc.

Baca Juga: Menanti Mitsubishi Xpander Hybrid Hadir Tahun 2023

Saat ini Penjualan dua model tersebut pada April dan Maret 2021 mencapai 2.500 unit. Tak hanya itu model penyegaran untuk model medium SUV unggulan, New Pajero Sport juga mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat Indonesia.

“Respons yang baik dari masyarakat, mengakibatkan penundaan terhadap proses pengiriman kepada konsumen," terang Nakamura lagi. Untuk itu dia menyampaikan permohonan maaf kepada konsumen yang masih menunggu unitnya dikirim.

Karena saat ini permintaan sangat tinggi ini. Pihaknya akan usahakan yang terbaik, untuk mengakselerasi dan menyesuaikan permintaan dan ketersediaan. "Kami pastikan konsumen segera mendapatkan unit yang dipesan," tutupnya.