Cikal Bakal Mobil Elektrik

Cikal Bakal Mobil Elektrik

KabarOto.com - Mobil listrik, belakangan ini menjadi kendaraan yang populer. Hampir seluruh pabrikan mobil dunia sedang berlomba-lomba mengembangkan dan menciptakan kendaraan listrik yang canggih. Beberapa bahkan membuat kendaraan listrik berperforma tinggi.

Namun, sebenarnya teknologi mobil listrik dan hybrid, sudah ada sejak lama. Ada beberapa mobil listrik yang dikembangkan pada jaman dulu. Salah satu yang mengembangkan dan menciptakan mobil listrik, generasi awal adalah Ferdinand Porsche. Ia adalah pendiri perusahaan otomotif Porsche dan membuat teknologi mobil listrik di usia yang cukup muda, 23 tahun.

Ferdinand Porsche ternyata memang menyukai dunia elektrik. Awal mulanya, ia memasang sistem kelistrikan untuk rumah orang tuanya. Hal itu ia lakukan pada 1893, ditahun yang sama ia bergabung dengan perusahaan Vereinigte Elektrizitäts-AG Béla Egger di Vienna, Austria. Beberapa tahun setelah ia bekerja di perusahaan tersebut, ia naik jabatan secara bertahap.

Dari mekanik menjadi kepala departemen riset. Dan ia membuat kendaraan listrik pertamanya pada 1898, bernama Egger-Lohner C.2 Phaeton. Pada zamannya, mobil ini sudah sangat canggih, ditenagai motor elektrik oktagonal. Tenaganya dapat mencapai 3 sampai 5 dk. Mobil ini dapat mencapai kecepatan maksimum 25 kpj.

Baca juga: Daftar Lengkap Harga Mobil Hybrid Toyota


Tidak berhenti sampai disitu. Pada 1899, Porsche bergabung dengan perusahaan bernama k.u.k. Hofwagenfabrik Ludwig Lohner & Co. Di tahun 1900 Porsche kembali mengembangkan teknologi-teknologinya. Di perusahaan tersebutlah Ferdinand Menciptakan teknlogi baru, yaitu motor listrik yang terletak di as roda. Yang banyak digunakan pada mobil-mobil listrik dan hybrid masa kini. Teknologi dari Ferdinand Porsche ini pertama kali dipamerkan pada Expo di Paris, Prancis. Mobil yang telah dikembangkan ini bertenaga 2 x 2,5 dk, dengan kecepatan maksimal mencapai 37 kpj.

Pengembangan dan inovasi Ferdinand Porsche tidak berhenti disitu. Ia mengembangkan mobil menjadi cikal bakal mobil hybrid zaman sekarang. Mobil ini adalah mobil Semper Vivus, nama yang diambil dari bahasa latin. Yang artinya “Terus Hidup”. Mobil keluaran tahun 1900 inilah, yang mengenalkan konsep hybrid pertama kali. Mobil Semper Vivus ini tetap menggunakan mesin bensin, namun hanya berguna sebagai generator untuk mesin listrik. Mobil ini juga sempat diproduksi masal, setahun setelah ditemukan. Mobil produksi masal ini dinamai Lohner-Porsche “Mixte”.

Baca juga: Tiga Varian Mobil LIstrik Hyundai Ioniq Siap Bikin Gebrakan

Ferdinand Porsche

Namun, mobil-mobil listrik buatan Porsche ini menemui kegagalan pada masa itu. Fasilitas pengisian daya yang belum memadai, menjadi kendala terbesar. Selain itu, teknologi-teknologi yang ada juga belum memadai. Jadi orang-orang juga lebih memilih menggunakan mobil-mobil berbahan bakar minyak.

Sekitar 100 tahun kemudian, konsep-konsep mobil listrik Ferdinand Porsche kembali bangkit. Teknologi-teknologi pada zaman ini sudah sangat memadai. Membuat mobil listrik dan hybrid bangkit kembali.

Sebut saja yang baru-baru ini meluncur, yaitu Porsche Taycan. Yang menggunakan energi listrik sepenuhnya. Selain itu juga ada mobil Porsche yang sudah menggunakan tenaga hybrid, seperti Porsche Cayenne Turbo Hybrid. Bahkan ada mobil listrik berperforma tinggi untuk balapan, yaitu Porsche 99 X electric.

Wah, ternyata mobil listrik sudah ada cukup lama juga ya.(Gregorius Nikolaus.P)