POPULAR STORIES

Citi Part, Bengkel Khusus Perawatan Dan Perbaikan Jeep

Citi Part, Bengkel Khusus Perawatan dan Perbaikan Jeep Bengkel ini juga menerima pemasangan engine swap. Citi Part berdiri dilahan dengan luas kurang lebih 400 meter. (Foto: KabarOto/Bimo Hariyadi)

Citi Part merupakan bengkel khusus Jeep yang menyediakan jasa perawatan dan perbaikan untuk Cherokee, Wrangler dan CJ7. Bengkel ini juga menerima pemasangan engine swap. Citi Part berdiri dilahan dengan luas kurang lebih 400 meter. Saat kabaroto mendatangi bengkel ini terlihat beberapa Jeep Cherokee yang sedang dalam perawatan berjejer rapi.

Daryo, seorang mekanik Citi Part mengatakan, dalam sehari kira-kira ada lima sampai delapan mobil Jeep Cherokee yang masuk untuk sekadar perawatan atau memperbaiki. Ia biasanya mengganti komponen pada bagian engine atau kaki-kaki. Kadang mengubah mesin dengan torsi yang lebih besar untuk speed offroad.

"Kadang ganti kaki-kaki dan gardan. Ya untuk offroad dan speed offroad," kata pria yang telah 7 tahun berkutat dengan Jeep ini.

Buat Bro and Sist yang punya Jeep jenis Cherokee, CJ atau TJ yang mau dirawat, coba saja datang ke Citi Part di jalan Margasatwa Raya No. 7 Cilandak, Jakarta Selatan. Buruan sebelum antri...

 

Sejarah Cherokee
Program riset pasar yang diadakan oleh American Motors Corporation memuncakkan kelahiran Cherokee modern. Riset telah menemukan bahwa pasar masa depan banyak bergantung kepada kendaraan guna sport (SUV). AMC kemudian menginvestasikan 250 juta dolar untuk rancang dan produk dari Cherokee (XJ) 1984 kompak baru dan Wagoneer sports wagon. Mereka diperkenalkan kepada pers di Borrego Springs, California, di akhir tahun 1983 dan segera meraih animo tinggi.

Cherokee baru adalah kendaraan revolusioner dan unik. 12 inci lebih pendek, 6 inci lebih ramping, 4 inci lebih pendek dan 1000 pon lebih ringan dari Jeep Wagoneer (SJ) ketika diperkenalkan pada tahun 1962. Varian itu adalah satu-satunya kendaraan guna sport yang menawarkan model dua dan empat pintunya. Dibangun dengan rangka UniFrame bukannya dengan konstruksi rangka dan sasis tradisional. Mereka menamakan “4×4 of the Year” oleh tiga majalah di tahun 1984. Kemudian ditenagai oleh mesin mesin empat silinder dan dengan tambahan opsi mesin enam silinder 2,8 liter. Di tahun 1987 mesin sebuah mesin 4 liter I-6 menjadi dapur pacu andalan mereka.

Seperti yang dikutip dari www.kaskus, beberapa sistem gerak empat roda, termasuk di dalamnya Command-Trac dan Selec-Trac, menawarkan traksi roda gerak empat roda penuh waktu maupun paruh waktu. Beragam paket performa lepas-jalan, kenyamanan, corak interior dan eksterior juga ditawarkan. Lini model ini tak berubah banyak ketika memasuki tahun 90-an, walaupun banyak revisi dan perbaikan diaplikasikan ke Cherokee.

Pada tahun 90-an kita melihat perkenalan dari Jeep Grand Cherokee yang sangat populer dan prestisius. Wrangler dan Cherokee dirancang ulang dan diperbaiki pada model tahun 1997. Bersamaan dengan ini, majalah Petersen’s 4-Wheel & Off Road menamakan Wrangler sebagai “4×4 of the Year,” dan Majalah Four Wheeler menamakan Cherokee dengan “Four Wheeler of the Year” di tahun 1997.

Baca Juga: