CSR Toyota Astra Motor Bangun TOV Di Demak

CSR Toyota Astra Motor Bangun TOV di Demak Peresmian TOV di Desa Mlaten, Demak, Jawa Tengah.

PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan program Car for Tree dengan membangun fasilitas Toyota Organic Village (TOV) di Desa Mlaten, Demak, Jawa Tengah, Kegiatan ini merupakan bagian dari aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) TAM di bidang lingkungan.

TOV menjadi bagian dari perluasan program Car for Tree. Desa Mlaten dipilih sebagai sebagai lokasi pembangunan TOV dengan tujuan untuk mengoptimalkan potensi sumber daya lokal sebagai salah satu daerah penghasil beras terbesar di Jawa Tengah.

Aktivitas TOV sendiri mencakup persiapan infrastruktur dan sistem edukasi serta pemasaran untuk para petani. Aktivitas TOV meliputi pembangunan fasilitas gudang dan penggilingan padi organik, pembinaan petani organik, pembinaan proses pasca panen, distribusi hingga akses pasar.

Untuk program ini, TAM bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor dan Yayasan Arga Citra 23.

Vice President Director TAM, Henry Tanoto mengatakan, untuk pelaksanaan program TOV pihaknya mengalokasikan anggaran Rp20 miliar untuk tahun 2017. Sementara untuk program TOV di Demak dana yang disiapkan sebesar Rp2,5 miliar.

“Alokasi dana berasal dari profit Toyota yang disisihkan untuk program CSR. Dalam pelaksanaannya, kami lebih dulu mendengarkan kebutuhan daerah-daerah itu seperti apa,” jelasnya beberapa waktu lalu.

Pembangunan TOV tersebut, tambah Henry, sejalan dengan semangat Toyota Let’s Go Beyond dan Toyota Berbagi. Program TOV diharapkan dapat memainkan peran dalam pemberdayaan komunitas masyarakat petani dengan keunggulan lokal yang dimiliki untuk semakin memahami pertanian berbasis organik yang manfaatnya sangat besar.

“Terciptanya pola pertanian ramah lingkungan akan berdampak terhadap kualitas lingkungan sekitar yang semakin membaik sehingga mampu mewujudkan masyarakat petani dengan pola agribisnis berkelanjutan untuk taraf hidup yang terus meningkat” pungkas Henry.

Sebelumnya, TAM dengan program CSR-nya juga sukses membangun dan memberdayakan berbagai fasilitas lingkungan seperti Ancol Eco Park dan Taman Semanggi di Jakarta.

Berita Terkait

Berita Terkait