POPULAR STORIES

Czinger 21C Pecahkan Rekor Lap Di Laguna Seca

Czinger 21C Pecahkan Rekor Lap di Laguna Seca Sumber: Czinger

KabarOto.com - Hypercar asal California, Amerika Serikat yakni Czinger berupaya mengincar rekor lap, melalui sosok hypercar hybrid Czinger 21C disiapkan untuk menjadi yang tercepat.

Czinger 21C merupakan produksi hypercat hybrid terliar, tenaga mesinnya diklaim mencapai 1.250 dk. Dianggap memiliki ruang kokpit yang agak aneh penempatannya, namun menyajikan sensasi berkendara cepat khas sebuah mobil balap.

Mesin konvensionalnya adalah V8 twin turbo berkapasitas 2.880 cc, mampu menghasilkan tenaga 947 dk. Dengan tambahan kinerja motor listriknya sebesar 200 dk, total tenaganya mencapai 1.250 dk . Hypercar hybrid ini sanggup berakselerasi 0-100 kpj hanya 1,9 detik dan sanggup dipacu hingga 400 kpj.

Baca juga: Hypercar Czinger Vehicles 21C, Dibuat 80 Unit

Penggerak listrik 800V disandingkan dengan sistem regeneratif, sebuah e-motor menggerakkan setiap roda depan dan baterai diisi selama operasi baik melalui pengereman regeneratif dan Motor Generator Unit (MGU) menggunakan penggerak roda gigi yang terpasang pada mesin IC.

Pada 21 Juli pukul 19:43 PT, Czinger 21C Hypercar, dengan pengemudi Joel Miller di belakang kemudi, memecahkan rekor dalam waktu yang diverifikasi multi-GPS 1:25:44. Rekam jejak sebelumnya dipegang oleh McLaren Senna, dengan pembalap Randy Pobst mencatat waktu 1:27,62.

Dalam kondisi ideal cuaca cerah, dengan arah angin sekitar 14,48 kpj NW dan suhu udara 60 derajat. Czinger juga memecahkan rekor sebelumnya pada dua lap lainnya, dengan waktu 1:27:4 dan 1: 26:6. Mobil menggunakan ban Michelin Pilot Sport Cup2R yang sepenuhnya legal di jalan raya, dirancang, diproduksi dan dirakit di Los Angeles, Amerika Serikat.

"Sebagai anak kerah biru yang tumbuh di Cleveland, Ohio, saya sering terbangun di malam hari memikirkan pahlawan balap saya, Jim Hall, inovasi terbarunya, mobil Chaparral yang penuh teknologi yang dibuat timnya, dan balapan di Laguna yang legendaris. Seca Raceway," kata Kevin Czinger, Pendiri dan CEO Czinger Vehicles dan Divergent 3D, perusahaan yang merevolusi industri manufaktur mobil.

Baca juga: Czinger 21C Ingin Menaklukkan Hypercar Kelas Dunia

Sementara Ewan Baldry selaku Chief Engineer di Czinger mengatakan, mereka sangat senang dengan performa mobil. Untuk dapat mencapai waktu putaran ini dengan mobil yang akan masuk ke produksi homologasi adalah hasil dari kerja keras yang luar biasa dari tim Czinger.

"Bagian yang paling menarik adalah kami tahu bahwa kami memiliki lebih banyak kinerja yang akan datang. Faktanya, rekor putaran hanya mewakili yang pertama dalam serangkaian upaya rekor kinerja yang direncanakan di masa depan," tambah Ewan Baldry.

Sementara Joel Miller berterima kasih telah menjadikannya sebagai pengemudi selama proses pengembangan. Teknologi revolusioner yang digunakan untuk membangun mobil melengkapi kecepatan yang dimilikinya. Dan memiliki jiwa mobil sport saat dikendarai.

"Anda dapat merasakan apa yang dilakukan mobil di setir. Apa yang mampu dilakukan powertrain benar-benar menakjubkan dengan kekuatan maksimum. Saat membuat rekor di Laguna Seca, itu tidak sedikit tapi sangat banyak!” tutup Miller.