POPULAR STORIES

Dari Kendaraan Hingga Alat Rumah Tangga, Artwork Ini Bisa Penuhi Hasrat Custom Culture

Dari Kendaraan Hingga Alat Rumah Tangga, Artwork Ini Bisa Penuhi Hasrat Custom Culture Foto: Kipli

KabarOto.com - Skena custom culture di Indonesia kian merebak hingga ke pelosok negeri, hal tersebut dibuktikan dari para pekerja seni atau artworker yang mulai unjuk gigi hasil tangan dinginnya di berbagai acara otomotif dan media sosial, salah satunya adalah NF.13 atau Nova Tigabelas.

Nova Gunawan selaku punggawa Nova Tigabelas bilang home industry miliknya memang sudah digeluti sejak ia bekerja di bidang perhotelan beberapa tahun silam, "Tepatnya tahun 2007-an saya diminta pihak hotel untuk mendesain beberapa karya saya sendiri untuk keperluan dekorasi, sejak itu saya putuskan untuk memulai usaha sendiri," ujarnya saat berbincang dengan KabarOto.

Baca Juga: Bambang Soesatyo Dukung Modifikasi Dan Custom Indonesia

Workshop miliknya yang terletak di kawasan Bambu Apus, Pamulang, Tangerang Selatan jadi saksi karyanya yang bervariatif tersebut. KabarOto melihat ada banyak karya paintstrip yang terpajang mulai dari helm, motor, die-cast, gantungan kunci, persneling, tutup pentil, hingga tempat sampah yang dibuat menarik dengan ornamennya.

Pria berkulit putih itu juga bilang kalau ia memegang 4 merek, untuk divisi merchandise dan karyanya ada Nova Tigabelas, divisi penjualan cat ada Flip Flop Enamel Paint, dan ada divisi motor dan merchandise-nya bernama Chopper Poser, tak ketinggalan kedai makan dan minum sederhana yang terletak persis di depan workshopnya bernama Warchop.

Uniknya, menurut Nova semua elemen bisa bersatu disini, "Terkesan untuk motor aliran chopper saja kelihatannya, padahal banyak juga kok jenis motor lain yang gabung main bareng disini. Vespa, motor klasik, dan lainnya," ujar pria kalem ini.

Baca juga: Video Mengenal Lebih Dekat Kawasaki Ninja ZX-25R di Sirkuit Sentul

Hal unik lainnya, ternyata banyak sekali yang akhirnya berminat untuk mengembangkan bakat terpendamnya di workshop ini. "Mereka, bikers yang mungkin punya bakat seni bisa berkarya disini, belajar, pakai cat saya, gratis kok, saya ingin skena seni ini untuk bisa lebih besar lagi, tidak ada yang malu lagi untuk unjuk gigi, semua bisa berkolaborasi agar kita bisa sama-sama besar. Kalau ditanya rezeki pastinya sudah diatur, semua ada porsinya masing-masing," pungkas pemilik motor chopper yang sedang dalam proses pengerjaan ini.

Ia juga berpesan untuk para artworker di seluruh Indonesia untuk tidak lagi 'malu' menunjukkan karyanya di hadapan publik. Pria yang pernah jalin kerjasama dengan artworker ternama, Von Dutch itu juga bilang, dirinya ingin menyatukan para artworker dalam satu wadah dan berkarya bersama untuk membangun skema ini.

"Mudah-mudahan acara jamming bareng ini bisa jadi salah satu wadah pemersatu agar lebih besar, sebentar lagi, ditunggu saja, ya" tutupnya. Wah, enggak sabar, nih!