POPULAR STORIES

Dari Mercedes-Benz 600 Pullman Hingga Range Rover, Ini Dia Koleksi Mobil Langka BJ Habibie

Dari Mercedes-Benz 600 Pullman Hingga Range Rover, Ini dia Koleksi Mobil Langka BJ Habibie Mercedes-Benz 280 SL (MB)

KabarOto.com - Mantan Presiden ke-3 Republik Indonesia B.J. Habibie telah meninggal dunia pada Rabu (11/09/2019) di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto. Kepergiannya menimbulkan duka mendalam bagi masyarakat Indonesia.

Range Rover dan Mercedes 600 Pullman

Pria yang juga pernah menjabat Menteri Riset dan teknologi pada era orde baru itu, merupakan sosok yang berkontribusi besar terhadap dunia penerbangan Tanah Air. Tak hanya di dalam negeri, kecerdasan BJ Habibie juga diakui oleh kalangan internasional.

Baca Juga: Perjalanan BMW Seri 3 Dari Masa Ke Masa

Berkat sepak terjangnya di bidang teknologi, khususnya pesawat terbang, ia pun memprakarsai pembuatan industri pesawat terbang nasional. Tak hanya gemar dengan dunia Aviasi, Habibie ternyata juga menyukai dunia otomotif.

Koleksinya bukan main-main

Di dunia maya, banyak beredar gambar dan video garasi basement rumahnya, yang menyimpan puluhan koleksi mobil. Salah satunya di vlog milik Youtuber Kevin Hendrawan.

KabarOto pun mengamati koleksinya satu - persatu, bahkan hingga diulang-ulang demi menikmati seluruh koleksi mobil Habibie .

Kebanyakan kendaraan buatan Eropa, semisal merek Land Rover, dan paling banyak adalah Mercedes-Benz. Ternyata, koleksinya Habibie bukan mobil sembarangan. Berikut adalah 5 koleksi mobil dari pak Habibie:

1. Range Rover 4.6 HSE

Banyak di gunakan oleh pejabat era orde baru dengan fitur yang dapat dicustom

Bisa dibilang, Ranger Rover dengan kode bodi P38 ini seakan menjadi mobil 'wajib' bagi pejabat orde baru. Sebab, hampir semua pejabat saat itu memilikinya. BJ Habibie pun dikabarkan sering mengendarai mobil ini sendiri, saat menjadi Menristek.

Mengusung mesin berkonfigurasi V, 8 slinder 4.6 Liter, mobil buatan Land Rover ini memiliki tenaga sebesar 222 dk dan torsi 380 Nm. Tenaga yang cukup besar itu lantas disalurkan ke empat buah roda (4WD) melalui transmisi otomatis 4 percepatan. Selain mewah, mobil yang diproduksi mulai 1994 hingga tahun 2000 ini tetap nyaman digunakan saat melintasi medan offroad.


2. Mercedes-Benz 280 SL

Salah satu mobil kolektor item yang dimiliki Habibie

Mobil spesial milik Habibie lainnya adalah Mercedes-Benz 280 SL, atau yang biasa disebut dengan Mercy Pagoda. Di Indonesia, keberadaannya cukup langka dan biasanya mobil tersebut berada di tangan kolektor kelas atas.

280 SL diproduksi mulai tahun 1967 sampai 1971. Mengusung mesin 2,778 cc (2.8 L) M130, dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 168 dk. sedangkan torsinya di angka 244 Nm. Selain dalam versi coupe, 280 SL juga hadir dalam bentuk cabriolet.


3. Mercedes-Benz SL R107

Di garasi Habibie tersimpan 2 unit SL R 107

Koleksi Habibie lainnya tak kalah menarik adalah Mercedes-Benz SL R107. Mobil ini buat sebagai penerus Mercedes Pagoda, dengan masa produksi mulai dari tahun 1971 hingga 1989.

Mercedes-Benz menyediakan beberapa pilihan tipe mesin untuk mobil ini. Varian yang paling dicari adalah 350SL buatan 1971, yang mengusung mesin 3.818 cc bertenaga 218 dk dan torsi 299 Nm.

Tenaga tersebut lantas disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 4 atau 5 percepatan. Di atas kertas, 350 Sl R 107 mampu melesat dari posisi diam hingga 100 kpj dalam waktu 8 detik.


4. Mercedes-Benz 220S Ponton

Mobil mewah di zamannya yang memerikan kemanan lebih pada penumpang

Saat awal kemunculannya, Mercedes-Benz mengklaim sedan ini merupakan mobil yang nyaman dan aman. Mercedes 220S diproduksi pada tahun 1954, dan dilengkapi dengan mesin enam silinder karaburator. Pada tahun 1958, sistem suplai bahan bakarnya diganti dengan menggunakan injeksi.

Koleksi 220S milik Habibie ini terbilang istimewa, karena di Indonesia sendiri unitnya terbilang langka. Tampilan khas 220S terlihat dari lampu sein yang letaknya diatas fender depan, bumper besi dengan lapisan krom serta dua buah lampu sorot tambahan yang mengapit gril berukuran besar.


5. Mercedes-Benz Pulman 600

Cikal bakal Maybach yang super mewah

Tak hanya SUV dan sport car, di garasi kediaman Habibie ternyata juga menyimpan mobil yang sangat spesial, yaitu Mercedes-Benz Pullman 600. Mobil berjenis limosin ini hanya dibuat sebanyak 304 unit.

Bagian dalamnya terbilang unik, khususnya bagian belakang. Karena, menggunakan sususan tempat duduk yang saling berhadapan. Uniknya lagi, antara ruang penumpang dan supir terdapat sekat kaca sebagai pembatas.

Mobil yang diproduksi dari 1963-1981 ini disebut sebagai cikal bakal Maybach. Mesinnya berkapasitas 6.3 liter V8, yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 250 dk dan torsi 500 Nm. Kecepatan maksimalnya bisa mencapai 200 kpj.

Ternyata koleksi Eyang Habibie gokil banget ya sobat kabarOto!