Diamkan Mobil Di Garasi Terlalu Lama Bisa Merusak Ban

Diamkan Mobil di Garasi Terlalu Lama Bisa Merusak Ban

KabarOto.com - Liburan telah usai, bagi pemilik mobil yang masih Work From Home (WFH) tentunya kendaraan akan diparkir di garasi rumah setelah dicuci. Namun ternyata, terlalu lama mendiamkan mobil digarasi terlalu lama, akan memberikan dampak negatif bagi ban.

Jika kendaraannya lama disimpan, ban tentu tidak terpakai, sudah pasti tekanan angin akan berkurang. Karena karet ban bukan benda pejal, ada pori-pori yang dapat mengeluarkan angin.

Baca Juga: Jangan Sembarangan Ganti Ban Mobil

"Dalam kondisi kurang angin ban harus tetap memikul berat bodi kendaraan, lama-lama akan terjadi flat spot," terang Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Menurutnya, bagian telapak ban yang menyentuh lantai akan berubah bentuk, menjadi datar.

Selain itu menurut dia, jika penyimpanan kendaraannya diluar garasi, yang mungkin akan terkena sinar matahari langsung, dan air dari hujan misalnya atau air dari bekas cuci kendaraan, akan mengakibatkan terjadi ozon crack. "Bagian samping ban akan terlihat garis-garis rambut, seperti retak-retak halus," terang Zulpata lagi.

Jika ozon crack sudah terjadi pada ban, penampilannya menjadi kurang bagus, seperti retak-retak di samping atau di dinding ban. Untuk kondisi yang parah sekali akan terlihat banyak goresan-goresan 2 di dinding samping ban, pada akhirnya akan getas.

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini Agar Ban Mobilmu Terawat

Zulpata juga mengatakan, muncul flat spot yang membuat struktur sabuk baja berubah. Jika digunakan akan terasa getaran atau vibrasi. "Tapi kalau belum parah, diisi angin maximum saja, dijalankan beberapa kilometer, flat spot akan kembali normal," tutup Zulpata.