POPULAR STORIES

Dianjurkan Untuk Tidak Berganti-ganti Merk Oli

Dianjurkan untuk Tidak Berganti-ganti Merk Oli Dianjurkan untuk Tidak Berganti-ganti Merk Oli (Foto : Alif Sowandono/KabarOto)

Oli adalah salah satu bagian penting dari sistim kendaraan bermotor, oleh karena itu Sangat dianjurkan untuk tidak berganti-ganti merk dan jenis oli agar tidak merusak mesin motor anda, menurut Doni pemilik dari bengkel MMC dibilangan Tangerang Selatan, selalu Pastikan anda mengganti oli dengan merk yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan. Kualitas oli lebih bergantung kepada lamanya penggunaan serta jarak yang ditempuh oleh motor anda. Umumnya, proses penggantian oli pada motor berkisar pada 4.000 kilometer. Tetapi untuk motor baru, pergantian oli jangka waktunya lebih cepat.

Demi menjaga performa mesin motor anda agar tetap stabil, sebaiknya anda harus mengganti oli motor secara rutin setiap 2 bulan sekali atau 2.000 kilometer (tergantung dari intensitas pemakaian motor anda dan kondisi jalan yang anda lalui setiap hari). Jangan menyemprot lubang oli dengan udara bertekanan karena hal tersebut akan mengakibatkan kotoran yang terdapat di filter oli tersebar ke area mesin.

Jangan membuka baut pembuangan oli pada saat mesin dalam kondisi panas, karena hal tersebut akan cepat merusak ulir baut. Gantilah ring oli setiap anda membuka baut pembuangan oli untuk menghindari kebocoran pada saat pemasangan baut oli. Bersihkan filter oli setiap 12.000 kilometer untuk membuang sisa kotoran yang terdapat pada mesin.ungkap nya Bro Doni.

Baca juga :