POPULAR STORIES

Dislitbang TNI AD Rancang Prototipe Kendaraan Ampibi Baru

Dislitbang TNI AD Rancang Prototipe Kendaraan Ampibi Baru Distlitbang TNI AD

Satu alat transportasi kendaraan darat dan air tengah dirancang oleh Dinas Penelitian dan Pengembangan (Dislitbang) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD). Prototipe dari kendaraan ini sudah mulai dirancang sejak tahun 2016 dan kini sudah mendekati penyelesaian.

Sebelumnya, TNI AD diketahui sudah punya kendaraan sejenis meski pun masih banyak kekurangan. Prototipe transportasi ampibi ini menjadi bentuk penyempurnaan dari Dislitbang TNI AD terhadap kendaraan sebelumnya.

"Tugas pokok TNI kan operasi militer perang dan operasi militer selain perang. Untuk selain perang ini, salah satunya berkaitan dengan penanggulangan bencana dan akhir-akhir ini kan sering banjir. Karenanya kami ciptakan yang bisa manuver cepat di darat ke air maupun sebaliknya," papar perancang di lapangan dan administrasi Letkol Inf Untung di Markas Besar Angkatan Darat, Rabu (22/3).

Transportasi rekayasa Dislitbangad ini dirancang dengan mesin Isuzu BKR 71 dan dimodifikasi amphibious dengan bodi alumunium. Daya angkut personelnya yaitu sekitar 13 orang dengan beban maksimal 1,5 ton. Kecepatan kendaraan, di atas 80 kilometer per jam di darat dan 14 kilometer di air atau 8 sampai 9 knot.

Jika rancangan sebelumnya masih memerlukan waktu lama untuk setting manuver, model ini diklaim memiliki kecepatan lebih lincah.

Jika sudah sempurna dan berhasil mendapat sertifikasi Kementerian Pertahanan (Kemhan), transportasi ini bisa segera diproduksi massal. Proses sertifikasi memakan waktu kurang lebih satu bulan.

Berita Terkait

Berita Terkait