Ducati Selangkah Lagi Jadi Milik Perusahaan Asal India

Ducati Selangkah Lagi Jadi Milik Perusahaan Asal India Ducati (istimewa)

Kabaroto.com - Eicher Motor, perusahaan asal India yang memegang merek dagang Royal Enfield, berencana untuk mengambilalih motor asal Italia, Ducati.

Eicher Motors kabarnya telah mengajukan penawaran sebesar 2 miliar dollar Amerika Serikat kepada Volkswagen yang memang saat ini tercatat sebagai pemilik saham terbesar di Ducati.

Sekarang justru Eicher Motors menjadi kandidat kuatnya setelah Harley-Davidson dan Bajaj Auto India tampak mundur teratur. Satu-satunya hal yang dapat menggagalkan Eicher Motors justru datang dari dalam internal Volkswagen lewat serikat pekerjanya.

Para pekerja di Jerman tampak tak rela Ducati dilepas. Namun keputusan akhir untuk menjual Ducati perlu adanya persetujuan dari dewan pengawas VW dalam sebuah pertemuan yang akan berlangsung pada 29 September mendatang.

Alasan dewan pengawas VW untuk tak melepas Ducati sebenarnya cukup masuk akal. Pasalnya, laba operasional VW selama periode Januari-Juni 2017 naik 19 persen dengan keuntungan sebesar 8,9 miliar euro.

Kenaikan tersebut dipengaruhi pemotongan biaya serta efisiensi di sektor penelitian dan pengembangan. Kebijakan pemotongan biaya ini sejalan dengan upaya VW melakukan penghematan dalam rangka menutupi biaya denda dan kompensasi yang harus dibayarkan terkait skandal emisi mesin diesel.

Sebenarnya, Ducati dimiliki secara bersama oleh VW dan Audi. Namun, Audi hingga kini masih bungkam terkait rencana VW untuk melepas perusahaan otomotif asal Italia itu.