POPULAR STORIES

Ekspor TMMIN Sepanjang 2017 Naik 18%, Didominasi SUV

Ekspor TMMIN Sepanjang 2017 Naik 18%, Didominasi SUV TMMIN

KabarOto.com – Dimulai sejak 1987, ekspor mobil Toyota selalu mengalami peningkatan. Terlebih, khusus sepanjang 2017 lalu, angkanya meningkat 18% menjadi 199.600 unit dibanding tahun sebelumnya yang 169.100 unit, angka tertinggi sepanjang sejarah ekspor Toyota.

Kontribusi terbesar pada pencapaian ekspor Toyota berasal dari model SUV (Sport Utility Vehicle) yakni Fortuner yang mencapai 69.700 unit. Angka ini juga merupakan rekor tertinggi ekspor Fortuner dalam 5 tahun terakhir.

Produk ekspor lainnya yang juga berkontribusi besar dalam pencapaian rekor ini adalah model sedan Vios dengan jumlah 28.450 unit. Kijang Innova, Sienta dan Yaris turut melengkapi ekspor Toyota dengan total 18.700 unit.

Dilihat laju pertumbuhan, Sienta menempati urutan tertinggi mencapai 51%, diikuti Fortuner 42,2%, sedangkan Vios 19,3%. Selain itu, Toyota juga mengekspor beberapa model lain yakni Avanza, Rush, Agya (Wigo) dan Town/Lite Ace yang diproduksi oleh grup Toyota di Indonesia yaitu Astra-Daihatsu Motor, dengan jumlah total sebanyak 82.700 unit.

Semua tentu tidak terlepas dari sinergi kebijakan pemerintah yang kian kondusif dalam mendorong perbaikan daya saing perekonomian dan usaha terus menerus seluruh pihak yang terlibat dalam grup Toyota, mulai dari pemasok serta rantai bisnis Toyota di Indonesia dalam meningkatkan efisiensi, produktivitas dan kualitas kerja yang membuat produk buatan Indonesia semakin diterima di negara tujuan ekspor.

“Untuk itu, kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah memungkinkan Toyota mencatat rekor baru untuk ekspor,” kata Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono.

Berita Terkait

Berita Terkait