POPULAR STORIES

Escalade Made In Tiongkok

Escalade Made In Tiongkok Shanxi Victory X1 (foto:carnewschina.com)

Sebelum Anda bertanya apakah ini Cadillac Escalade EXT yang telah stop produksi 2 tahun lalu kami akan jawab bukan, karena truk ini memang bukanlah Cadillac EXT versi Tiongkok namun 'kembaran' dengan kualitas 'KW' yang dinamai Shanxi Victory X1 yang juga dikenal sebagai Victory S102 dan Jinchi X1. Ya, industri otomotif Tiongkok sekali lagi memang terkenal memiliki ide yang 'terinspirasi' dengan mobil-mobil buatan negara lain – hal berbeda dengan mobil lisensi dari pabrikan otomotif besar seperti Dongfeng Nissan, Changhe Suzuki, dan lain-lain.

Menurut carnewschina.com, Shanxi Victory X1 memasuki kelas truk pick-up murah Tiongkok yang dihargai sekitar 68.000 yuan atau sekitar 146 juta rupiah yang ditenagai oleh mesin bensin 2.400cc 4 silinder dari Mitsubishi (4G69-S4N) yang banyak digunakan di berbagai jenis mobil di Tiongkok dan dipasangkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan konsumsi bahan bakar yang di-klaim sebanyak 10,1 liter per 100 km.

Melihat bagian luarnya yang mirip dengan Cadillac EXT, truk ini memiliki roda dengan ukuran yang terlihat tidak proporsional dengan keseluruhan dimensi truk yang memiliki panjang 5145mm dan lebar 1730mm dengan berat kosong mencapai 1645 kg. Satu-satunya 'grafis' di mobil ini adalah stiker fluorescent berwarna merah dan putih yang pemasangannya terlihat tidak rapi dan ditempel di bagian bak karena peraturan lalu lintas di Tiongkok yang mengharuskan mobil dapat terlihat dengan jelas saat malam hari.

Bagian dalam kabinnya juga terlihat sangat sederhana dengan trim berwarna abu-abu dan hanya dilengkapi dengan pengatur suhu kabin, soket lighter serta head unit audio single CD. Di bagian belakang juga tak dilengkapi dengan fitur apapun, hanya kursi penumpang belakang yang sudutnya cukup tegak layaknya truk double cab lainnya.

Baca juga: