POPULAR STORIES

Esemka Bima EV Punya Kembaran Asal Tiongkok

Esemka Bima EV Punya Kembaran Asal Tiongkok Esemka Bima EV (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Esemka Bima EV resmi meluncur dengan harga mulai dari Rp 530 juta. Di mana, mobil listrik ini ternyata didatangkan dari Tiongkok dalam bentuk Completely Build Up (CBU).

"Esemka Bima EV untuk saat ini statusnya CBU, kami menjual yang passenger itu 11 seat, harganya Rp540 juta," ujar Eddy Wirajaya, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi.

Tapi ternyata, Esemka Bima EV punya kembaran bernama X30LEV yang kebetulan mobil listrik asal Tiongkok yang ditawarkan dalam dua varian, yakni cargo van dan passanger van.

X30LEV, kembaran Esemka Bima EV

Baca Juga: Esemka Bima EV Berstatus CBU Dari Tiongkok

Secara dimensi, kedua mobil listrik memiliki ukuran yang sama, panjang 4,495 meter, lebar 1,68 meter, tinggi 1,99 meter. Serta baterai Ternany Lithium 40 kW, dan tenaga 75 kW serta torsi 165 Nm.

Secara desain pun sangat mirip, hanya beberapa perbedaan yang terlihat, seperti bagian gril X30LEV berupa palang vertikal warna putih sedangkan Bima EV palang horizontal warna hitam.

Soal performa, Esemka Bima EV dibekali motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor dengan kode TM4018, yang mampu menghasilkan tenaga 75 kW dan torsi 165 Nm. Motor listrik ini menggunakan penggerak roda depan.

Baca Juga: Esemka Bima EV Ditargetkan Terjual 10.000 Unit, Inden 3-4 Bulan

Secara dimensi dua mobil listrik ini memiliki ukuran yang sama

Baterai yang digunakan berjenis Terany Lithium berkapasitas 49,1 kWh dengan 350,4 V, yang dapat diisi daya dengan sistem pengisian cepat (quick charge/DC) selama 1 jam dan slow charge (AC) hingga 8 jam. Baterai ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 300 km.

Soal harga, Esemka Bima EV Passenger Van dibanderol Rp 540 juta, sedangkan untuk varian Cargo Van dibanderol Rp 530 juta.