POPULAR STORIES

Fan Belt Mobil Berdecit? Ini Cara Atasinya

Fan Belt Mobil Berdecit? Ini Cara Atasinya Foto : Suzuki.co.id

KabarOto.com - Jika Sobat KabarOto pernah atau sedang mengalami ruang mesin mobil bunyi berdecit, kemungkinan itu dari fan belt. Beberapa faktor yang menyebabkan diantaranya fan belt kendur, lalu bisa juga berubah bentuk, atau kotor.

Jika sudah diperiksa tidak ada masalah pada fan belt namun masih berdecit, mungkin cara ini bisa digunakan. Dikutip dari laman Suzuki.co.id, ada beberapa cara sederhana dilakukan sendiri.

Gunakan air sabun

Cara paling mudah atasi fan belt mobil berisik adalah dengan menyemprotkan campuran air sabun pada belt yang berbunyi berisik. Namun perlu diingat, cara ini hanya bersifat sementara, dan tidak direkomendasikan untuk dilakukan secara terus menerus.

Baca Juga : Model Terbaru Porsche 911 Speedster Meluncur Akhir Tahun 2023

Beri pelumas atau gemuk

Cara lain adalah dengan memberi pelumas mesin atau gemuk pada permukaannya. Pastikan mengoleskan pelumas atau gemuk terlalu banyak, karena jika permukaan fan belt terlalu berminyak dikhawatirkan akan menyebabkan selip, dan semakin berisik.

Baca Juga : Awas, Produk Toyota Motor Oil Palsu Beredar Di Pasaran

Cairan fan belt dressing

Cara penggunaan paling mudah dan efektif adalah menyemprotkan cairan fan belt dressing. Di mana formulanya sudah dikhususkan untuk fan belt, pemakaiannya cukup hidupkan mesin sambil menyemprotkan cairan ke sumber bunyi hingga hilang. Harganya pun cukup terjangkau, di marketplace dibanderol Rp 30 ribuan.