POPULAR STORIES

Fernando Alonso Putuskan Pensiun Dari F1 Di Akhir Musim 2018

Fernando Alonso Putuskan Pensiun dari F1 di Akhir Musim 2018 Fernando Alonso (Foto: Dan Istitene/Getty Images Europe)

KabarOto.com- Kabar mengejutkan datang dari ajang balap Formula 1, Fernando Alonso memutuskan mundur dari dunia balap Formula 1pada akhir musim 2018.

Masa depan juara dunia dua kali F1 itu memang telah lama dispekulasikan. Intensitas balapan yang membosankan dianggap menjadi alasan utama pensiunnya Alonso.

Pebalap 27 tahun itu memulai debutnya di GP Australia pada tahun 2001 saat membela tim Minardi. Setahun berselang, namanya mulai diperhitungkan saat berganti kostum di tim Renault hingga mempersembahkan dua gelar juara dunia dua li berturut-turut pada musim 2005 & 2006.

Sempat membela Ferrari selama lima musim dari 2010-2014 mendapat catatan terbaik, tiga kali runner-up. Alonso kemudian hijrah ke Mclaren dan mulai kesulitan bersaing dalam perebutan gelar juara.

Baca Juga: Klasemen F1 2018: Hamilton Menjauh Dari Kejaran Vettel

Pembalap asal Spanyol itu bahkan tidak lagi memenangkan balapan setelah terakhir juara di Catalunya bersama Ferrari di 2013. Alonso pun akan mengakhiri kariernya usai balapan di GP Abu Dhabi, 25 November.

"Setelah 17 tahun yang sangat indah di olahraga yang menakjubkan ini, sekarang waktunya bagiku untuk membuat sebuah perubahan dan melanjutkan hidup," ungkap Alonso dalam pernyataan resmi yang dirilis McLaren.

"Aku telah membuat keputusan ini beberapa bulan lalu, dan keputusan ini sudah bulat. Masih ada beberapa Grand Prix untuk dilakoni di musim ini, dan aku akan membalap dengan komitmen dan gairah yang lebih besar daripada sebelumnya."

Baca Juga: Tak Terbendung, Hamilton Sukses Juarai F1 GP Hungaria 2018

"Mari kita lihat saja bagaimana masa depan, tantangan-tantangan baru yang ada di depan. Aku sedang memiliki satu dari waktu-waktu paling membahagiakan di dalam hidupku tapi aku perlu mencoba petualangan yang baru, tambahnya.

Musim ini, Fernando Alonso berada di peringkat sembilan klasemen sementara pembalap dengan koleksi 44 poin tanpa sekalipun meraih kemenangan. Alonso terpat jauh 169 poin dari Lewis Hamilton di posisi puncak.