POPULAR STORIES

Ferrox Dijamin Seumur Hidup Jika Rutin Dibersihkan

Ferrox Dijamin Seumur Hidup Jika Rutin Dibersihkan Varian baru saringan udara Ferrox ( Foto : Ferrox)

Saringan udara merk Ferrox keluaran PT Prima Semesta Asia (Primes Asia) memang lebih mahal dari saringan udara OEM, namun saringan udara ini dijamin oleh Primes Asia selaku distributor Ferrox pemakaiannya seumur hidup motor dan tidak perlu diganti jika rutin dibersihkan.

Membersihkan saringan udara Ferrox menurut Primes Asia sebaiknya dilakukan setiap kendaraan menempuh jarak 2.000km hingga 5.000km. Adapun cara membersihkan saringan udara Ferrox yang benar adalah, cek kondisi Ferrox, jika sudah terlihat mulai kotor, berikut tips membersihkan filter udara Ferrox yang bisa dikerjakan sendiri.

  1. Basahi filter dengan air. Bisa juga semprot menggunakan air bertekanan sedang suapaya kotoran mudah lepas.
  2. Gunakan sikat halus (sikat gigi) jika masih terdapat kotoran yang menempel.
  3. Tambahkan deterjen atau sabun cair untuk mempermudah menghalau kotoran yang membandel sambil disikat.
  4. Bilas dengan air bersih.
  5. Semprot dengan angin bertekanan rendah untuk mempercepat proses pengeringan. Apabila tidak ada kompresor, cara yang paling praktis adalah filter di lap dengan kain halus atau plas chamois, kemudian diangin-anginkan atau langsung di jemur sekitar 10-15 menit.
  6. Setelah kering, filter siap digunakan kembali.

Andy Hasten, Sales Manager Primes Asia (Kiri) ( Foto : Alif Sowandono/KabarOto)

Andy Hasten, Sales Manager Primes Asia (Kiri) ( Foto : Alif Sowandono/KabarOto)

Harus diingat, membersihkan saringan udara Ferrox jangan gunakan pembersih Kimia, solar, bensin dan sejenisnya. “Hindari penggunaan cairan khusus pembersih filter, solar, allohol, atau bensin dan sejenisnya karena bisa mempercepat usia pakai. Penggunaan bahan kimia seperti tersebut diatas bisa berpengaruh negatif terhadap material bingkai yang terbuat dari karet alam, bingkai filter menjadi lebih mudah getas,” terang Andy Hasten, Sales Manager PT Prima Semesta Asia (Primes Asia).

Material filter yang terbuat dari bahan stainless steel berkualitas tidak akan berkarat selama prosedur perawatan dilakukan dengan baik dan benar meskipun dicuci berkali-kali dengan air ditambah deterjen. “Cara perawatan seperti ini diterapkan untuk semua tipe filter udara Ferrox. Tips tambahan dari Andy, jika dijemur taruh ditempat yang aman, awasi atau tungguin agar tidak hilang alias diambil orang yang tidak bertanggung jawab.” Jelas Andy.

Baca juga :