Flow, Skuter Listrik Dengan Kecerdasan Buatan

Flow, Skuter Listrik dengan Kecerdasan Buatan Flow (22Motors)

KabarOto.com – Dewasa ini, perkembangan teknologi bergerak sangat cepat. Bahkan beberapa perusahaan teknologi, telah menciptakan robot dengan kecerdasaan buatan (Artificial Intelligence) hingga dapat bergerak layaknya manusia.

Lalu bagaimana bila kecerdasan buatan/AI tersebut diaplikasi ke sepeda motor?

Itu lah yang dilakukan 22 Motors, sebuah perusahaan start up yang baru saja didirikan di India. 22 Motors mengatakan bahwa mereka telah meluncurkan produk pertama mereka di pasaran yang diberi nama Flow.



Canggihnya, skuter listrik Flow ini telah dilengkapi perangkat lunak berbasis kecerdasan buatan, yang bisa melakukan banyak hal yang belum pernah terpikir sebelumnya.

Untuk dapat melaju, Flow menggunakan sumber tenaga yang berasal dari sebuah motor listrik berkapasitas 2.100 W yang sanggup menghasilkan torsi puncak 89 Nm.



Motor berarus DC tersebut dikembangkan oleh Bosch, dan dilengkapi teknologi Regenerative Braking System (KERS), yang memungkinkan arus listrik secara otomatis terisi ke baterai, saat terjadi pengereman.

Bila kondisi penuh, dua buah baterai Lithium-ion yang digunakan, membuat Flow sanggup melaju sejauh 80 km. Uniknya, salah satu baterai bisa dilepas bila tidak digunakan. Untuk melakukan penyetruman ulang hingga 70%, hanya membutuhkan waktu 1 jam dengan menggunakan listrik rumah.

Sistem manajemen baterai dirancang canggih, dengan fitur analisis penggunaan baterai, diagnosis jarak jauh, dan peringatan kondisi skuter.

Baca juga: Ini Motor BMW K 1600 B yang Digunakan Kakorlantas Polri Susuri Jalur Mudik

Fitur peringatan ini mereka sebut sebagai Intelligent Collision Detection and Alert, yang membuat Flow dapat memesan suku cadang secara otomatis bahkan sebelum terjadi kerusakan.

Skuter ini juga dilengkapi tempat penyimpanan yang lega, cukup untuk menampung dua buah helm. Flow juga dilengkapi dengan koneksi Bluetooth, yang dapat tersambung dengan ponsel pintar, serta fitur GPS.


Rencananya, Flow akan dijual dengan harga sekitar Rp 16 juta, dan tersedia dalam berbagai pilihan warna.