Ford Ikuti Jejak BMW Dengan Hadirnya Alexa, Fitur Asisten Pribadi Di Mobil

Ford Ikuti Jejak BMW dengan Hadirnya Alexa, Fitur Asisten Pribadi di Mobil Ford Figo (Foto: Indianautoblog)

KabarOto.com - Beberapa mobil kelas premium seperti Mercedes-Benz dan BMW, mengenalkan fitur atau aplikasi seperti asisten pribadi yang memandu pengemudi melalui suara. Dilansir dari Indianautoblog, Ford akan mengikuti jejak tersebut dengan mengaplikasikan Alexa (nama aplikasi) pada Amazon Echo.

Fitur ini diperkirakan bakal diperkenalkan oleh produsen mobil India pada tahun 2019 ini loh. Cara menggunakannya, koneksi akan terhubung ke jaringannya melalui kartu SIM atau smartphone yang dipasang ke unit infotainment.

Sejauh ini, untuk pasar India produsen mobil tersebut sudah memasarkan sistem Sync yang berasal dari Microsoft, sebagai salah satu USP terbesar di kendaraannya. Asisten pribadi Alexa akan semakin meningkatkan opsi konektivitas kedepannya.

Alexa merupakan asisten pribadi virtual yang bersumber dari Amazon, dan akan menjadi yang pertama di seluruh jajaran pabrikan otomotif. Karena, sistem baru Alexa akan bekerja bersama dengan unit Sync.

Sistem akan membuat suara Alexa diintegrasikan ke dalam Microsoft Sync3 AppLink, di mana asisten pribadi virtual ini akan mengenali beberapa bahasa. Bahkan, perusahaan juga akan terus menyempurnakan sistem Alexa untuk mendukung mengenali berbagai dialek di India.

Sistem AppLink terbaru didasari oleh perangkat lunak dari Smart Device Link. Hal ini memungkinkan pengembang sistem untuk memasangnya ke Alexa. Asisten pribadi virtual yang berada di dalam mobil ini, memiliki segudang kemampuan.

Alexa akan memberikan akses pada pengguna ke pembaharuan lalu lintas, informasi tujuan, berita, musik, dan berbagai fitur lainnya. Bahkan pengguna dapat menggunakan fitur ini untuk mendengarkan audio, streaming musik hingga mendapatkan informasi cuaca terbaru.

Baca Juga: Buruan Sikat, Ada Ford Mustang Seharga Rp2 Juta, Nih !

Penggunaan Alexa bahkan akan sangat keren, karena perangkat di dalam mobil dapat dihubungkan dengan perangkat Amazon Echo yang ada di rumah. Sehingga, fitur ini akan berfungsi, tentunya dengan basis internet, untuk mengatur lampu di rumah, sistem keamanan serta pintu garasi.

Tidak hanya itu, Alexa akan memungkinkan untuk digunakan pemilik mobil listrik dan hybrid untuk star-stop mesin mobil mereka dari jauh, membuka maupun mengunci, dan memantau beberapa parameter seperti kapasitas baterai dan status pengisian. Wah, keren banget ya!

Awal bulan Maret, Ford India memperkenalkan Ford Figo 2019 facelift. Ford Figo menampilkan beberpa perbedaan dan perubahan gaya serta fitur.

Menariknya, perusahaan terus menawarkan unit SYNC 3 pada model yang diperbarui ini. Sebagai gantinya, facelift tersedia dengan unit Fly-sourced 7 inci yang tidak terintegrasi dengan Apple CarPlay atau Android Auto.