Ford Kembangkan Teknologi Monowheel Untuk Atasi Kemacetan

Acrul Affandy
Acrul Affandy 04 Jan 2016 - 11:09
Ford Kembangkan Teknologi Monowheel Untuk Atasi Kemacetan
Ford resmi patenkan teknologi monowheel untuk solusi kemacetan di jalan raya. (Foto: Visordown.com)

Ford belum lama ini telah mematenkan desain teknologi yang dapat mengubah roda belakang mobil menjadi monowheel listrik alias kendaraan satu roda, demikian dilaporkan laman Visordown.

Pabrikan asal Dearborn, Michigan, Amerika Serikat ini terlihat memang sedang gencar melakukan inovasi dalam bidang transportasi.  konsep ide kendaraan itu berasal dari roda belakang dari mobil Ford. Artinya, orang sebelumnya berkendara dengan mobil, memarkir mobilnya, dan kemudian mengambil salah satu ban belakang yakni bagian kiri kemudian dipasangkan ke sasis berikut jok dan setangnya untuk dijadikan monowheel.

Inovasi berupa monowheel itu bukan pertama di dunia otomotif, Honda lebih dulu memperkenalkannya pada 30 tahun lalu. Pabrikan otomotif asal Jepang itu menciptakan skuter Motocompo (1981-1983) yang dirancang bersama hatchback Honda City. Sayangnya, inovasi dari Honda ini tidak dikembangkan lebih lanjut.

Namun, cara seperti ini dinilai kurang praktis. Dikarenakan,  orang yang akan menggunakannya harus melepas dulu ban mobilnya dengan menggunakan dongkrak dan kunci untuk melepas roda. Walhasil, membutuhkan waktu yang tak singkat.

Baca Juga: