POPULAR STORIES

Francesco Bagnaia Dan Jorge Martin Terancam Kena Penalti 3 Detik

Francesco Bagnaia dan Jorge Martin Terancam Kena Penalti 3 Detik MotoGP 2023 jadi persaingan antara Francesco Bagnaia dan Jorge Martin (Foto: MotoGP)

KabarOto.com - Francesco Bagnaia dan Jorge Martin terancam kena penalti tiga detik, terkait dengan aturan tekanan angin ban yang mulai berlaku di MotoGP 2023.

Melansir laman The Race, Bagnaia diketahui telah mengatur tekanan angin ban depan lebih tinggi dari yang sudah ditetapkan saat Sprint Race. Pecco telah mendapatkan peringatan dari FIM Stewards.

Pecco masuk di antara lima pembalap yang mendapatkan peringatan, setelah melakukan pelanggaran tekanan ban di MotoGP Malaysia. Di mana, Enea Bastianini juga menjadi pembalap yang melakukan pelanggaran.

Baca Juga: Klasemen Sementara MotoGP 2023: Francesco Bagnaia Jaga Jarak Dengan Jorge Martin

Francesco Bagnaia masih memimpin klasemen MotoGP 2023

Sementara itu, Jorge Martin pernah mendapatkan peringatan yang sama di MotoGP Thailand. Martin kedapatan mengatur tekanan ban lebih rendah dari standar.

Jika Pecco dan Martin terbukti melakukan pelanggaran yang sama, maka keduanya terancam terkena penalti 3 detik, sehingga posisinya bisa merosot.

Sebagai informasi, hingga dua seri tersisa, Francesco Bagnaia masih berada di puncak klasemen sementara MotoGP 2023, dengan selisih 14 poin dari Jorge Martin.

Baca Juga: Hasil MotoGP Malaysia 2023: Enea Bastianini Juara, Jorge Martin Gagal Podium

Sistem pengukuran tekanan ban baru diperkenalkan pada musim ini, tidak ada risiko diskualifikasi hingga pemberitahuan lebih lanjut. Sebaliknya, Steward FIM MotoGP menyetujui penalti berjenjang berupa penalti waktu, yang dijumlahkan setelah balapan.

Berikut perhitungan penalti jika melakukan pelanggaran tekanan angin ban:

- Pelanggaran pertama: peringatan
- Pelanggaran ke-2: penalti 3 detik
- Pelanggaran ke-3: penalti 6 detik
- Pelanggaran ke-4: penalti 12 detik.